Jalin Kerjasama, Pj Bupati Pidie Hadiri Penandatanganan Mou di Mahkamah Syar’iyah Sigli

Dalam rangka menjalin kerjasama antara Mahkamah Syar’iyah (MS) Sigli dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pidie dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Pidie, Pj Bupati Pidie, Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si., menghadiri acara penandatanganan MoU perjanjian di ruang sidang utama MS Sigli, Rabu (20/07/2022).

Ketua MS Sigli, Fauziati, S.Ag., M.Ag., dalam sambutannya menyampaikan, kerjasama ini sebagai upaya promotif-preventif untuk menekan angka permohonan dispensasi kawin dan memastikan terpenuhinya edukasi terkait kesehatan reproduksi dan dampak pernikahan dini kepada masyarakat.

“Kerjasama ini dilakukan semata-mata untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat pencari keadilan di Kabupaten Pidie, maka untuk itu kami mohon dukungan dari Pemerintah Kabupaten Pidie terhadap program-program layanan dan inovasi yang telah dibuat”, tutur Fauziati.

Pj Bupati Pidie, Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si, menyampaikan, apresiasi dan dukungannya atas layanan dan inovasi dari Mahkamah Syar’iyah Sigli.

“Saya mengapresiasikan layanan dan inovasi dari Mahkamah Syar’iyah Sigli, semoga dengan adanya layanan ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat menjadi nilai tambah bagi kedua belah pihak dan masyarakat Kabupaten Pidie,” harapnya.

Adapun kerjasama yang dijalin antara MS Sigli dengan Dinkes Kab. Pidie terkait dengan, penyediaan layanan edukasi kesehatan reproduksi pada anak usia sekolah dan remaja, sosialisasi dampak pernikahan dini serta pemeriksaan kesehatan bagi pemohon dispensasi kawin di Mahkamah Syar’iyah Sigli.

Sementara itu, kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kab. Pidie menyangkut, penyediaan layanan konseling bagi pemohon dispensasi kawin, mediasi/pendampingan bagi perempuan dan/atau anak yang berhadapan dengan hukum dan pendampingan dalam pelaksanaan putusan secara paksa (eksekusi) terkait sengketa hak asuh anak.