Gampong Mesjid Bungie Laksanakan Integrasi Pembangunan Lintas Sektor

Gampong Mesjid Bungie, Kecamatan Simpang Tiga, menerima penyerahan bingkisan yang diserahkan Pj Bupati Pidie Ir Wahyudi Adisiswanto M.Si., diwakili Kepala Dinas Pemerintah Masyarakat Gampong (DPMG) Pidie, Mutiin S.IP, M.Si., dalam kegiatan integrasi lintas sektor kampung berkualitas 2022, Selasa (22/11/2022).

Penyerahan tersebut diterima oleh Keuchik setempat, Ns Iswanda Skep, selanjutnya acara ditandai seremoni pencanangan dan pembubuhan tanda-tangan bersama sejumlah instansi termasuk di antaranya perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional atau BKKBN Aceh.

Dalam sambutannya, Kepala DPMG Pidie, Mutiin menyebutkan, kampung berkualitas ini bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Disebutkan, kampung keluarga berkualitas sudah tersebar di seluruh Indonesias. Di Pidie khususnya telah terbentuk sebanyak 46 kampung KB yang tersebar di 23 kecamatan.

"Untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas, bebas stunting dan bahagia sejahtera. Salahsatunya adalah kampung berkualitas Mesjid Bungie Kecamatan Simpang Tiga ini," katanya.

Sementara itu, Kepala DP3AKB Pidie, Nurhanisah SIP MM menjelaskan, Gampong Mesjid bungie terpilih sebagai gampong berkualitas dan menjadi salah satu gampong KB terbaik di Pidie.

“Mereka mendapatkan Pro PN (proyek Prioritas nasional) RDK : Rumah Data Kependudukan," katanya.

Keuchik Gampong Mesjid Bungie, Ns Iswanda mengatakan, Gampong Mesjid Bungie gampong pelaksana kader KB paripurna.

Perlu diketahui, kampung keluarga berkualitas merupakan pergantian nama dari Kampung KB. Perubahan nama dan nomenklatur ini dipertegas dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Kampung KB adalah bagian dari program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga atau KKBPK 2015-2019 menindaklanjuti salah satu Nawacita Presiden yakni membangun Indonesia dari pinggiran.

Turut hadir juga sejumlah Kepala Dinas (Kadis) di Pidie antara lain, Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana (DP3AKB) Pidie Nurhanisah S.IP, MM., Kadis Informasi Komunikasi dan Persandian Muhammad Fadhli MKom, Kadis Pertanian dan Pangan Ir Hasballah MM, Kadis Syariat Islam drh Fazli, Kadis Lingkungan Hidup Firman SSTP MSi, Kadis Perpustakaan dan Arsip Teuku Sabirin SH MSi, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Pidie, unsur Muspika Simpang Tiga serta sejumlah unsur tokoh terkait lainnya.