Sekdakab Pidie Buka Acara Safari Gemarika Sebagai Upaya Cegah Stunting

Asisten III Setdakab Pidie, Drs Sayuti MM, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh membuka acara safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) sebagai upaya pencegahan stunting di Aceh, berlangsung di Aula Kantor Camat Pidie, Selasa (22/11/2022).

Adapun sub Koordinator P2HP DKP Aceh, Fitriani, mengatakan, program Gemarikan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Aceh dalam rangka menekan angka stunting dan sekaligus untuk meningkatkan konsumsi ikan.

"Ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh dan pertumbuhan terutama bagi anak-anak dan usia remaja. Dengan mengkonsumsi ikan maka gizi hewani akan terpenuhi dan dapat mencegah stunting," katanya.

Dalam kesempatan ini, Fitriani berharap, kepada semua pihak untuk memperhatikan tingkat konsumsi ikan ini sehingga kedepannya lebih tinggi lagi. Terutama di daerah yang menjadi lokus intervensi penurunan stunting.

"Ini perlu menjadi perhatian bersama, karena dengan tingginya kita konsumsi ikan, maka dapat membantu dalam mencegah dan menurunkan stunting," jelasnya.

Untuk diketahui, di setiap sosialisasi, tim Gemarikan DKP Aceh juga selalu membagikan sejumlah paket pangan olahan ikan kepada ibu hamil, balita stunting, anak-anak remaja, dan ibu menyusui yang menjadi sasaran.

Safari Gemarikan ini ditargetkan terlaksana di 10 lokasi dari tujuh kabupaten/kota di Aceh hingga akhir tahun.

"Sampai akhir 2022 ini target kita 10 lokasi dari tujuh kabupaten/kota. Kemudian selebihnya untuk 16 daerah lainnya se Aceh insyaallah kita lanjutkan pada 2023," ujarnya.

Tampak yang hadir ditengah peserta, Kadis DKP Pidie Safrizal, S.STP,M.Ec.Dev, Kapuskesmas Pidie dr.Susiyanti eka Sartika, dan unsur Muspika Pidie.