Puluhan Kecamatan Di Pidie Terendam Banjir, BPBD: Bantuan Dapur Umum Sedang Dalam Proses Distribusi

Hujan deras yang terus mengguyur Kabupaten Pidie sejak malam kemarin (20/1/2023) membuat sejumlah Kecamatan di Pidie terendam banjir.

Durasi hujan yang cukup lama ini mengakibatkan banjir merata di 21 Kecamatan sehingga ada 175 gampong di Pidie terendam banjir, diantaranya, Kecamatan Kota Sigli ada 6 gampong, Pidie; 9, Simpang Tiga; 15, Kembang Tanjong; 27, Gelempang Baro; 3, Gelempang Tiga; 8, Mutiara; 7, Mutiara Timur; 8, Titeue; 7, Keumala; 7, Sakti; 9,  Indrajaya; 7,  Peukan Baro; 10, Mila; 7,  Delima; 8, Grong-Grong; 1,  Padang Tiji; 18, Batee; 12,  Muara Tiga; 1,  Tiro;3, dan Tangse; 2.

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Pidie  melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie, Muhammad Rabiul, mengatakan,sesuai data yang telah diperoleh, beberapa Kecamatan yang terdampak banjir akan segera mendapat penanganan seperti kebutuhan dapur umum.

“Bantuan sosial berupa kebutuhan dapur umum sedang dalam proses distribusi (sesuai data awal yang disampaikan),” katanya Minggu malam, (21/1/2023).

Lebih lanjut, Rabiul menjelaskan, penanganan akan terus dilakukan dengan memberikan segala informasi/ himbauan maupun tindakan dalam rangka kesiapan dan penanganan  yang sedang dan akan dilakukan.

“Segala update informasi terus disampaikan melalui group yang didalamnya ada semua Camat setiap Kecamatan. Dan satgas SAR dalam keadaan siaga dan siap bergerak bila diperlukan tindakan evakuasi warga,” jelasnya.

Tambah Rabiul, ia meminta, untuk masyarakat yang masih bertahan di rumah ataupun sudah di lokasi pengungsian agar dapat memberikan data terbaru ke BPBD.

“Untuk warga yang masih tinggal di rumah yang tergenang maupun yang berada di lokasi pengungsian, data terbaru agar disampaikan ke BPBD,” pungkasnya.

Tidak lupa, atas kerjasama ini Rabiul mengatakan, terimakasih kepada Dinas Sosial dan Camat, serta stakeholder lainnya yang telah menunjukkan sikap proaktifnya mulai pagi hingga saat ini dalam rangka meringankan beban warga terdampak banjir.