Pemkab Pidie Resmi Tetapkan Pidie Berstatus Tanggap Darurat Bencana

Hujan tinggi yang melanda Kabupaten Pidie sejak Sabtu 21 Januari 2023 mengakibatkan 21 Kecamatan di Pidie terendam banjir.

Untuk menanggulangi keadaan ini, berdasarkan kajian TRC-BPBD, Penjabat (Pj) Bupati Pidie, Ir H. Wahyudi Adisiswanto, M.Si., bersama unsur Forkopimda, Sekda Pidie, H. Idhami, S.Sos., M.Si, selaku Kepala BPBD Ex Officio, dan para Asisten, Staf Ahli serta Instansi terkait lainnya, telah mengambil langkah-langkah konkrit, dengan mengadakan Rakor tentang penetapan status darurat bencana di Pidie, Senin (23/1/2023) pukul 15.20 wib. 

Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Dinas Di Pidie Ikut Terendam Banjir

Curah hujan tinggi  yang melanda Kabupaten Pidie mulai Jumat malam (20/1/2023) hingga minggu malam (21/1/2023) menyebabkan sejumlah Madrasah dan Kantor Dinas di Kabupaten Pidie ikut terendam banjir.

Adapun data awal yang diperoleh, diperkirakan ada 9 Dinas yang berada didalam komplek perkarangan kantor Bupati Pidie terendam banjir, yakni, Dinas Kominfo dan Persandian, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG), Dinas Pertanian dan Perternakan, Badan Pertanahan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Badan Kepegawaian BKPSDM, Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora), dan sebagian Kantor Bupati.

Puluhan Kecamatan Di Pidie Terendam Banjir, BPBD: Bantuan Dapur Umum Sedang Dalam Proses Distribusi

Hujan deras yang terus mengguyur Kabupaten Pidie sejak malam kemarin (20/1/2023) membuat sejumlah Kecamatan di Pidie terendam banjir.

Durasi hujan yang cukup lama ini mengakibatkan banjir merata di 21 Kecamatan sehingga ada 175 gampong di Pidie terendam banjir, diantaranya, Kecamatan Kota Sigli ada 6 gampong, Pidie; 9, Simpang Tiga; 15, Kembang Tanjong; 27, Gelempang Baro; 3, Gelempang Tiga; 8, Mutiara; 7, Mutiara Timur; 8, Titeue; 7, Keumala; 7, Sakti; 9,  Indrajaya; 7,  Peukan Baro; 10, Mila; 7,  Delima; 8, Grong-Grong; 1,  Padang Tiji; 18, Batee; 12,  Muara Tiga; 1,  Tiro;3, dan Tangse; 2.

Pemkab Pidie Resmi Tanda Tangan Nota Kesepahaman Dengan BNPT

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie resmi melakukan penandatanganan nota  kesepahaman dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), di Gedung BUMN Lantai 16, Jakarta Pusat, Jum’at, (20/1/2023).

Adapun penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Pidie, Ir Wahyudi Adisiswanto M.Si., dengan disaksikan langsung oleh Kepala BNPT Komisaris Jenderal Boy Rafli Amar dan PYM Sultan Malik Samudera Pasai Aceh Teuku Haji Badruddin Syah Zhillullah Fil Alam sebagai fasilitator Nota Kesepahaman tersebut.