Pangan masih menjadi isu strategis di Kabupaten Pidie bukan hanya periode pembangunan tahun sebelumnya namun juga periode pembangunan saat ini. Indikasi capaian ketersediaan pangan utama akan terlihat dari besarnya skor pola pangan harapan (PPH) konsumsi maupun produksi yang diperoleh dari tahun ke tahun. Berdasarkan angka skor PPH konsumsi pada tahun 2021 terlihat nilai skor PPH cenderung meningkat dari tahun sebelumnya dimana pada Tahun 2019, PPH berkisar di skor 65,70 kemudian meningjat menjadi 67,40 skor di tahun 2021.

Dalam mencapai beberapa indikator pangan tidak terlepas dari beberapa peran prasarana dan sarana pangan berupa lumbung pangan di beberapa kabupaten/kota yang saat ini belum mampu dioptimalkan. Selain itu juga meskipun banyak daerah yang notabenenya merupakan daerah lumbung pangan namun beberapa desa yang mencakup di dalamnya masih dikategorikan sebagai kecamatan dan desa rawan pangan.

Permasalahan pangan dari sisi produksi atau ketersediaan juga diakibatkan oleh masih terjadinya alih fungsi lahan pertanian serta rendahnya mitigasi gangguan terhadap ketahanan pangan akibat dari perubahan iklim yang ditandai dengan luas lahan pertanian tanaman pangan yang gagal panen semakin meningkat dari tahun ke tahun. Produksi beberapa bahan pangan di Kabupaten Pidie dapat dilihat pada tabel berikut.