Desain Master Plan Tugu Halimon Kota Sigli

Kamis, 24 Oktober 2019 / 24 Safar 1441 Belum ada komentar

FB_IMG_1561876582722
PIDIEKAB.GO.ID |Sigli Ini Dia Desain Tugu Halimon Kota Sigli: Jarum Jamnya Berputar dari Kanan ke Kiri

SESEGERA mungkin, tugu bundaran di persimpangan Ring Road Kota Sigli akan berdiri tegak, sekaligus untuk menyambut pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-34 Tingkat Provinsi Aceh yang bakal digelar September 2019 mendatang.
FB_IMG_1561876594825
Tugu berbentuk “Aneuk Mulieng” yang tentu saja menjadi ikon baru Kota Sigli ini akan berdiri kokoh, dan menjulang tinggi di Simpang Kok Chin alias Simpang empat Keunire. Tingginya 13 meter yang melambangkan jumlah rukun shalat.

Juga ada 17 titik air mancur disana, yang menandakan 17 Rakaat shalat fardhu. Jika malam tiba, lampu “Aneuk Mulieng” ini akan menyala, dan menembakkan cahaya sebagai kode atau petunjuk bagi jutaan manusia yang melintasi Kabupaten Pidie.

Kata Abusyik, disana juga akan dipasang sebuah jam (raksasa) yang dirancang khusus. Dan yang uniknya adalah jarum arloji berputar dari kanan ke kiri, atau berlawanan dengan arah jam normal. “Tahukah kalian knapa jarum jam dibuat berputar kearah terbalik?,” tanya Abusyik, kepada sejumlah tamu yang menyambangi kediaman beliau di Meunasah Puuk, Gampong Aree, pekan lalu.

Abusyik adalah panggilan akrab Bupati Pidie, Roni Ahmad. Tidak hanya bagi orang lain, Roni Ahmad yang juga dikenal dengan nama Muhammad Sufi, kerap mengganti kata “saya atau aku” dengan “Abusyik” saat bercakap dengan lawan bicaranya.

“Ada yang hilang, dan kita harus mencari sesuatu yang hilang,” sambung Abusyik, memecah keheningan.

“Apakah sesuatu yang hilang itu? Nah, kalau filosofinya nanti saja Abusyik jelaskan, jangan sekarang,” pungkas alumnus Maktabah Tajurra, Libya itu. Lalu membiarkan para audience bingung alias larut dalam pikiran masing-masing. WOW…😂

Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
Copyright © 2019 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN