BeritaSeputar Pidie

508 Gampong di Pidie belum Terima ADG Tahap II

SIGLI – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Pidie, Zulfikar Yacob MSi, mengatakan hingga kini, 508 gampong dari 727 gampong di Pidie, belum menerima Alokasi Dana Gampong (ADG) tahap kedua tahun 2016, karena aparatur gampong dimaksud belum mempertanggungjawabkan penggunaan ADG tahap satu.

“Untuk tahap kedua, ADG telah terserap sebesar 40 persen yang disalurkan ke 219 gampong. Sisanya, 508 gampong belum menerima ADG,” katanya, Selasa (11/10).

ADG tahap dua ini seharusnya sudah tuntas disalurkan dalam bulan Oktober 2016 ini. Untuk itu, gampong yang belum mempertanggungjawabkan ADG tahap satu, segera menyerahkan laporan pertanggungjawaban, karena tahun anggaran 2016 hanya tersisa tiga bulan lagi.

Sementara itu, Bupati Pidie, H Sarjani Abdullah, mengingatkan agar penggunaan dana gampong harus transparan dan mampu dipertanggungjawabkan secara aturan.

Kata Sarjani, dalam pelaksanaan pemerintah gampong, Pemkab juga melakukan pendampingan untuk mewujudkan percepatan kemandirian gampong. Namun, pembangunan gampong asat ini masih terkendala dengan sumber daya manusia (SDM), dalam memahami undang-undang gampong dan aturan turunannya.

“Pendamping desa dan pendamping lokal telah direkrut Pemerintah Pusat. Tapi, sampai saat ini mereka belum digembleng dengan pembekalan,” kata Sarjani saat membuka BBDRM di Lapangan Blang Dhot. Kecamatan Tangse, kemarin.

Karena itu, saat ini banyak kegiatan yang telah direncanakan dalam APBG, tertunda pelaksanaannya. Hal ini akibat terlambatnya penyaluran dana gampong. Sarjani juga mengimbau semua SKPK agar mendampingi penyerapan dana gampong, sehingga aliran dana tersebut tepat sasaran.

“Saya minta camat melakukan pengawasan secara terus menerus. Jangan sampai pelaksanaan dana gampong melahirkan masalah. Camat sebagai perpanjangan pemerintah di kecamatan, harus bekerja optimal,” katanya.(naz)

http://aceh.tribunnews.com/2016/10/13/508-gampong-di-pidie-belum-terima-adg-tahap-ii

BERITA TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hosted by e-Padi.com
Back to top button
Close