Warga Keumala Lahirkan Bayi 5,8 Kg

Selasa, 22 Oktober 2019 / 22 Safar 1441 Belum ada komentar
SIGLI – Bayi laki-laki berat badan melebihi batas normal mencapai 5,8 Kg (5.800 gram) dan panjang 63 Cm, lahir melalui operasi cesar di Rumah Sakit Umum Tgk Abdullah Syafii Beureuenun, Pidie, Selasa (19/7) pukul 03.00 WIB dinihari.
KEPALA-Ruang-Kebidanan-RSUD-Tgk-Abdullah
Bayi diberinama Sultan Maulana Aziz ini adalah anak ketiga pasangan Nurlaila (34)/M Yusuf (34). Mereka merupakan penduduk Gampong Keumala Lincah, Kecamatan Keumala, Pidie. Keduanya sehari-hari bertani di desa itu.
Ditemui pukul 09.30 WIB, Selasa (19/7), kondisi bayi terlihat sehat dan normal. Ia diberikan susu oleh bidan karena air susu ibu (ASI) belum lancar. Bayi itu dibaringkan dalam boks bayi kamar peri (ruang khusus bayi). “Jika bayi biasanya minum susu dua jam sekali. Tapi bayi ini satu jam sekali sudah menangis minta susu,” kata Miftahul Jannah SST kepala Ruang Kebidanan RSU Tgk Abdullah Syafii Beureuenun, Selasa (19/7).
Berat badan normal bayi lahir biasanya diperkirakan 3,5-3,8 Kg. Namun jika kali ini bayi lahir 5,8 Kg adalah kuasa Allah SWT melebihi batas normal kelahiran bayi biasanya.
Sementara itu, Nurlaila (34) ibu dari bayi 5,8 Kg ditemui di ruang persalinan, terlihat masih lemah pasca menjalani operasi cesar. Cairan infus mengalir ke tubuhnya. Ia berbicara lancar cuma badannya lemah karena masih luka pasca operasi. Ia mengaku bayi dilahirkan ini adalah anaknya yang ketiga.
Anaknya pertama bernama Muslatun Munawarrah (kelas II SMP). Sedangkan kedua Maulidar (Kls III SD) dan ketiga adalah Sultan Maulana Aziz. “Saya minta kakak saya memberi nama,” ujar Nurlaila datar.
Ia mengaku selama mengandung tidak ada keluhan cuma kandungannya memasuki tujuh bulan sudah mulai membesar melebihi batas biasanya. Ia merasa cepat lelah karena kandungannya itu.
Sementara itu, Kepala Subbag Tata Usaha RSU Tgk Abdullah Syafii, Amri Amd mengaku persalinan atas pasien Nurlaila dibantu dr Pri Agung Cahyono. Satu-satu dokter ahli obgin di rumah sakit itu.
Selanjutnya penanganan kesehatan bayi dibantu dr Syarifah SpA. Sejauh ini tidak ada keluhan bayi itu sehat dan terus mendapat pemantauan tim medis. “Alhamdulillah semua lancar,” pungkasnya. (aya)
http://www.prohaba.co/2016/07/20/warga-keumala-lahirkan-bayi-58-kg#.V6l8bhLVIY8

 

Editor : bakri

Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
Copyright © 2019 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN