Bertemu Dengan PT Semen Indonesia, Wakil Bupati Pidie: Kepentingan Masyarakat Harus Diutamakan

Kamis, 24 Oktober 2019 / 24 Safar 1441 Belum ada komentar

PEMERINTAH Kabupaten Pidie mengunjungi PT. Semen Indonesia, Sabtu, 16 April 2016. Kunjungan tersebut adalah undangan PT. Semen Indonesia yang berlangsung di Kantor PT. Semen Indonesia gedung The East Mega Kuningan Jakarta, disambut langsung oleh Direktur Utama PT. Semen Indonesia, Ir. Suparni bersama jajaran direksi. Selanjutnya rombongan Pemkab Pidie juga melakukan kunjungan ke pabrik semen Gresik dan Tuban Jawa Timur guna melihat langsung kegiatan pabrik semen di daerah tersebut.‎20160415_092602-660x330

Di Kantor Pusat PT. Semen Indonesia di Gresik, rombongan disambut oleh Kepala Bagian Perluasan Bahan Baku, Doni beserta para staf dan Wahyu kepala CSR PT. Semen Indonesia.

Doni menjelaskan, PT. Semen Indonesia dibangun sejak 1957 dengan kapasitas produksi setiap tahun 250 ribu ton. PT. Semen Indonesia memiliki anak cabang yaitu PT. Semen Gresik, PT. Semen Padang, PT. Semen Tonasa, Thang Long Cement (vietnam). Dan tidak lama lagi akan hadir PT. Semen Indonesia Aceh di Kabupaten Pidie yang yang ditaksir akan mampu berproduksi 3 juta ton setiap tahunnya.

Dalam presentasinya PT. Semen Indonesia berjanji akan mengedepankan sistem dan teknologi ramah lingkungan tanpa merusak lingkungan, sesuai dengan permintaan Pemerintah Daerah Kabupaten Pidie. Arah perencanaan jangka panjang SMIG senantiasa berorientasi pada peningkatan manfaat untuk daerah dan masyarakat sekitar.

Bersama Wakil Bupati Pidie M. Iriawan, SE rombongan Pemerintah Kabupaten Pidie terdiri dari ketua DPRK, Muhammad, AR, Asisten Pemerintahan Drs. Yusri, Kepala Bappeda, M. Adam, Ketua komisi A DPRK, Mahfuddin Ismail dan Ketua Komisi C DPRK, M. Isa Alima, turut serta juga Kabag Humas dan protokol Muhammad Harris.

Wabup Pidie M. Iriawan SE, menyampaikan, selain memenuhi undangan PT. Semen Indonesia, kedatangan rombongan Pemkab Pidie juga untuk belajar, terutama bagaimana menjaga keharmonisan lingkungan, serta manfaat yang diperoleh masyarakat dari hadirnya pabrik semen nantinya. Pembangunan pabrik semen di Kabupaten Pidie merupakan suatu berkah bagi masyarakat, diharapkan dengan hadirnya pabrik semen nantinya dapat memberi manfaat bagi masyarakat Kabupaten Pidie dan Aceh umumnya.

“Kami ingin belajar, apa keuntungan kabupaten/kota yang telah dibangun pabrik semen oleh PT. Semen Indonesia, kami mendukung program pembangunan pabrik, selama terjamin kepada lingkungan yang kondusif terutama terhadap keuntungan daerah kami,” ujarnya.

Penyerapan tenaga kerja lokal haruslah diprioritaskan kata Iriawan, kami menginginkan setelah PT. Semen Indonesia berinvestasi di Pidie akan ada lagi investor-investor lain yang melirik Pidie, dan akan memperoleh dukungan penuh dari Pemerintah Daerah dan masyarakat Pidie dengan tetap mengedepankan kearifan lokal.

Iriawan menambahkan, program CSR tetap dikedepankan, di mana yang paling banyak aspirasi atau pertanyaan masyarakat adalah setelah ada pabrik semen apa yang didapatkan oleh masyarakat.

“Ini yang harus benar-benar kita perhatikan bersama, karena dimanapun sebuah investasi dilakukan, masyarakat sekitar merupakan “sabuk pengaman” bagi investor. Ini haruslah dapat diperhatikan dengan seksama,” ujarnya mengingatkan.

Iriawan mengatakan, dirinya bersama Bupati Pidie akan berada pada posisi masyarakat di saat permasalahan timbul ke depannya, ia menekankan agar masyarakat harus benar-benar diperhatikan demi keberlangsungan pabrik semen ini nantinya.

“Kami mengajak PT. Semen Indonesia bersama-sama Pemerintah Daerah untuk dapat mensinergikan program agar masyarakat dapat merasakan memiliki pabrik semen ini, baik melalui penyerapan tenaga kerja melalui pelatihan pendahuluan maupun bentuk pemberian beasiswa pendidikan bagi anak-anak di sekitar,” ucapnya.

Pada pertemuan dengan PT. Semen Indonesia tersebut, Ketua Komisi A DPRK Pidie Mahfudin Ismail juga meminta jaminan kepada pihak PT. Semen Indonesia untuk tetap menjaga kearifan lokal Pidie terutama mengenai pelaksanaan Syariat Islam dengan tetap menjaga culture masyarakat Pidie

Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
Copyright © 2019 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN