BeritaSeputar PidieSlideshow

Pidie Harus Ditangani Cepat * Gubernur Perintahkan SKPA Terkait Segera Action

BANDA ACEH – Banjir yang menerjang sebagian besar wilayah Pidie telah menimbulkan berbagai kerusakan yang harus ditangani secepatnya. “Dampak bencana (kerusakan) di Pidie maupun daerah lainnya harus segera ditangani secara darurat. Kalau dibiarkan bisa semakin parah bahkan bisa menimbulkan bencana baru,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Sayed Rasul.banjiir

 

Kalak BPBA, Sayed Rasul kepada Serambi di sela-sela memantau dampak banjir di Kabupaten Pidie kemarin mengingatkan tentang perlunya penanganan segera terhadap berbagai kerusakan yang ditimbulkan. Penanganan darurat oleh SKPA terkait atau dinas teknis itu sangat penting agar tidak menimbulkan kerusakan lebih parah dan kerugian material yang lebih besar bahkan bisa memunculkan bencana baru. “Ini tanggung jawab dinas teknis, sedangkan BPBA tidak ada dana untuk rehab rekons,” tandas Sayed Rasul.

Menurut pihak BPBA, salah satu contoh lambatnya penanganan kerusakan akibat bencana adalah kerusakan pengaman tebing sungai dan bodi jalan yang amblas di lintasan Tangse-Geumpang, tepatnya di kawasan Krueng Meuriam, Tangse. “Kerusakan sudah terjadi sekitar dua tahun dan belum ditangani hingga terjadi banjir besar kali ini,” kata Sayed Rasul.

Respons Gubernur
Sayed Rasul mengatakan, Gubernur Aceh sangat respons terhadap bencana yang terjadi di berbagai daerah. Seperti halnya bencana banjir Pidie yang terjadi Minggu (29/11) malam, Gubernur langsung memerintahkan SKPA terkait (seperti BPBA dan Dinsos Aceh) untuk menyalurkan bantuan masa panik termasuk membuka dapur umum. “Gubernur memerintahkan SKPA terkait bergerak cepat untuk menyalurkan bantuan masa panik dan berkoordinasi dengan pemkab setempat terkait penanganan lebih lanjut,” kata Sayed Rasul.

Tentang tingginya respons Gubernur Aceh, Zaini Abdullah terhadap korban bencana juga disampaikan Kadis Sosial Aceh, Alhudri. “Beberapa saat setelah menerima laporan banjir Pidie, Pak Gubernur langsung memerintahkan kami berangkat memobilisasi bantuan masa panik untuk korban,” kata Alhudri.

BERITA TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hosted by e-Padi.com
Back to top button
Close