Penerapan e-government di Pidie

Kita mulai tulisan ini dengan pengertian e-government yang biasa disingkat e-gov dan seringkali dikonotasikan sebagai sesuatu yang sangat rumit dan tidak ada manfaatnya.

E-government adalah penggunaan teknologi informasi oleh Pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi masyarakatnya, baik berkaitan dengan urusan bisnis serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan.

Selain di lingkup Eksekutif, e-government dapat diaplikasikan juga pada Lembaga-Lembaga Legislatif dan Yudikatif guna meningkatkan kapasitas internal lembaga maupun menyampaikan informasi layanan public  menuju pemerintahan yang lebih demokratis. Model aliran informasi yang utama adalah Government to Citizen/Customer (G2C), Government to Business (G2B) serta Government to Government (G2G).

Keuntungan atau manfaat yang diharapkan dari penerapan e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang baik untuk  meningkatkan mutu pelayanan masyarakat.

Di Kabupaten Pidie, jalan ke arah penerapan e-gov sedang dalam tahap persiapan kendati jauh hari sebelumnya Pemerintah Pusat melalui Kemenpan RB sudah mendorong semua Pemda se-Indonesia untuk segera menerapkan e-gov. Wamenpan RB Eko Prasodjo pernah mengatakan bahwa penerapan e-gov mempunyai pengaruh sekitar 80% terhadap pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Sebagai leading penerapan e-gov di Kab.Pidie, bagian Sandi, Telekomunikasi dan Pengelolaan Data Elektronik (Bag.Santel & PDE) Setdakab. Pidie, sedang mempersiapkan langkah-langkah persiapan penerapan e-gov sbb :

  1. Melakukan inventarisasi kesiapan perangkat keras (Hard Wares) berupa Server, Komputer, jaringan kabel dan alat-alat elektronik pendukung lainnya.
  2. Melakukan peningkatan mutu SDM, dengan mengirimkan Pegawai-Pegawai untuk melakukan tugas Magang di Provinsi Aceh terutama berkaitan dengan kompetensi Maintenance Website, Jaringan Internet maupun  Pengelolaan Bank Data.
  3. Menghimpun Database dari semua Unit Kerja atau Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) untuk disajikan secara on-line dan dapat diakses secara luas oleh masyarakat yang membutuhkan.

Memang benar bahwa menerapkan e-government tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun e-governmnet bukanlah sesuatu yang mustahil. Banyak Pemda yang telah merasakan manfaat dari penerapan project ini. Oleh karena itu, berkat komitmen dari Pimpinan, dalam hal ini Bapak Bupati Sarjani Abdullah dan bapak Wakil Bupati M.Iriawan serta Bapak Sekda, kami mengajak semua Pimpinan SKPK untuk mendukung sepenuhnya penerapan e-government di Kabupaten Pidie. (Kabag.Santel&PDE/06-03-2013)

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN