Objek Wisata

Tarian Meugroeb Pidie

Nanggroepidie.com, Sigli – Tarian Meugroeb, tarian adat Aceh yang mengandalkan hendakan kaki, tarian ini berbeda sedikit dengan Seudati, yang manyoritas mengandalkan hendakan tangan ke tubuh. Tarian ini sudah ada sejak kerajaan Pedir, ada juga yang mengatakan tarian ini baru dikembangkan era islam masuk menguasai Kabupaten Pidie. Meugroeb juga memakai dua Syeikh (penyair) untuk mengiringi tarian, tarian ini dibagi dua kelompok yang masing–masing kelompok awalnya menceritakan sebuah perlawanan akhirnya menjadi keakraban. (lebih…)

Wisata Alue Landong Pidie

Nanggroepidie.com, Sigli – Alue Landong merupakan alur sungai yang terletak di Gampong Alue Landong, Kecamatan Mane, Kabupaten Pidie, Aceh. DAS tersebut terletak dalam hutan lindung Pidie, batuan berlumut yang dilalui oleh derasnya air, membuat tempat ini sangat indah, cocok sekali bagi Traveller untuk enikmati alam sekaligus membuat riset atau penelitian menganai flora dan fauna. (lebih…)

Krueng Rhoep Waterfall

Nanggroepidie.com, Sigli – Krueng Rhoep adalah nama salah satu sungai(Krueng) yang ada di Kemukiman Bengga, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Aceh. Letaknya persis dibelakang Glee (Gunung) Sala atau dikenal juga dengan Bukit Ibu Tin, pada masa kejayaan Presiden Soeharto, tepat dihulunya Glee Sala, terdapat sebuah Teuraceu (Air Terjun) yang dinamai oleh warga setempat Teuraceu Krueng Rhoep.

(lebih…)

Melirik Pengolah Manisan Tradisional Di Adan

MANISAN mungkin bukan penganan yang asing bagi kita, namun proses pembuatan manisan secara tradisional jarang kita lihat. Kali ini kami mengajak anda untuk melihat pengolahan manisan di Gampong Kerumboek Adan, Kecamatan Mutiara, Kabupaten Pidie. (lebih…)

Menelusuri Lingkok Kuwieng, “Lembah Istana” di Padang Tiji

PADANG TIJI, sebuah Kecamatan yang berjarak sekitar 12 Km dari Kota Sigli, Kabupaten Pidie, daerah yang bentang alam berbatasan langsung dengan Aceh Besar tersebut menyimpan banyak misteri alam yang tak terduga untuk dilihat.Seperti di pedalaman hutan Gampong Pulo Hagu, Padang Tiji, yang memiliki lembah yang sangat indah. Masyarakat setempat sering menyebutnya Lingkok Kuwieng atau Uruek Meuh. (lebih…)

Pesona Alue Putek Di Kemukiman Beungga

MELIHAT panorama alam di Pidie, kita tidak akan lupa dengan namanya air terjun Tangse, air terjun tersebut berada di tepi jalan lintasan Kota Beureunuen menuju Geumpang.Alue-Putek-Di-Kemukiman-Beungga-660x330 (lebih…)

Air Terjun “Tahee Gantee” Di Kawasan Hutan Lindung Tiro

TAHEE GANTEE (Terpukau) adalah nama sebuah air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 20 meter, berada di kawasan hutan lindung setelah melewati perkampungan Panten Beunoet kemukiman Blang Keudah Kecamatan Tiro. (lebih…)

Teuraceu Angên Beungga, Air Terjun Berbungkus Hutan Tropis

BEUNGGA, sebuah kemukiman yang memiliki pesona alam yang luar biasa, letaknya hanya berjarak sekitar 50 km dari ibu Kota Kabupaten Pidie, yaitu Kota Sigli. Mayoritas penduduk Beungga Kecamatan Tangse ini bekerja sebagai petani dan pekebun, dengan tanah yang subur dan sumber airnya yang berlimpah. (lebih…)

Teuraceu Laot, Pesona Air Terjun Geumpang

TEURACEU LAOT adalah nama air terjun yang berada di kawasan hutan lindung Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie, Untuk mencapai lokasi tersebut membutuhkan waktu sekitar 35 menit perjalanan dari keudee Geumpang. Mungkin selain orang-orang yang memiliki profesi sebagai pendulang emas tidak tahu lokasi tersebut. Keindahan alam Pidie merupakan anugerah Sang Pencipta yang tiada habis-habisnya

Teuraceu-laot-Geumpang-Pidie-2-zian1-300x200

Menurut warga sekitar, disebut dengan nama Teuraceu (air terjun) Laot (laut), mungkin karena air terjun yang terjadi karena penyempitan sungai itu menghasilkan sebuah wadah besar yang memiliki kedalaman mencapai 15 meter, warna biru pekat bak laut dalam itulah yang menyebabkan namanya menjadi laut.

Bagi anda yang mencintai perjalan yang berbau petualangan, Teuraceu Laot mungkin adalah sebuah pesona yang mesti traveler kunjungi, lokasinya tidak terlalu jauh, dan juga jalanan setapak yang telah di “poles” oleh para pendulang emas, traveler akan menjumpai dan menikmati betapa indahnya pesona alam ciptaan Allah yang diberi nama Teuraceu Laot.

Tidak hanya itu, hutan lindung tropis yang pekat dan padat membuat anda akan menghirup udara nan bersih sepanjang perjalanan, ini tentunya menambah suasana kenyamanan anda yang memang pencinta alam.

Selain itu, traveler yang menyukai dunia fotografi, Teuraceu Laot adalah lokasi yang cocok buat kalian mengembangkan ilmu dan mengabadikan momen indah yang tiada duanya, suara burung burung dan percikan air akan menambah suasana eksotis di tempat tersebut.

Penasaran bagaimana indahnya Teuraceu Laot? Anda dapat menghubungi anggota kami, Zian Mustaqin, dialah fotografer yang diberi tugas khusus meliput pesona alam Pidie. yang juga merupakan salah satu pendiri Mapala Jabal Everest Universitas Jabal Ghafur Sigli.[](HP)

(lebih…)

Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN