Musik dan Kesenian

Pejuang Wanita Pidie Yang Memukau Belanda

NanggroePidie, Sigli – Pocut Meurah Intan, adalah puteri keturunan keluarga bangsawan dari kalangan Aceh, ayahnya Keujruen Biheu, Suaminya Tuanku Abdul Majid, dia merupakan anggota keluarga Kesultanan Aceh. Pada masa peperangan Aceh dengan Belanda, dia tidak mau melakukan perdamaian dengan penjajah, suaminya merupakan pejuang yang handal saat itu di Selat Malaka, kini posisinya berada diperairan Kecamatan Muara Tiga (Laweung) dan Bate, hingga sauat saat suaminya ditahan oleh Belanda. (lebih…)

Tarian Meugroeb Pidie

Nanggroepidie.com, Sigli – Tarian Meugroeb, tarian adat Aceh yang mengandalkan hendakan kaki, tarian ini berbeda sedikit dengan Seudati, yang manyoritas mengandalkan hendakan tangan ke tubuh. Tarian ini sudah ada sejak kerajaan Pedir, ada juga yang mengatakan tarian ini baru dikembangkan era islam masuk menguasai Kabupaten Pidie. Meugroeb juga memakai dua Syeikh (penyair) untuk mengiringi tarian, tarian ini dibagi dua kelompok yang masing–masing kelompok awalnya menceritakan sebuah perlawanan akhirnya menjadi keakraban. (lebih…)

Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB . Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
TERWUJUDNYA MASYARAKAT PIDIE YANG ISLAMI, SEHAT, CERDAS, MAKMUR, DAMAI DAN BERMARTABAT