Cinderamata

Kupiah Riman, Warisan Pidie Kepada Indonesia

Naggroepidie.com, Sigli – Siang itu, cuaca di Kecamatan Mutiara timur, Kabupaten Pidie, didominasi oleh mendung namun sesekali matahari bersinar melewati awan-awan kelabu yang terus mengintari sebagian Aceh, Kamis (11/2) lalu. Tim nanggroepidie.com, terus mengendarai sepeda motornya menuju Gampong Meunasah Dayah, setelah bertanya-tanya dengan sejumlah warga disana, sampailah disebuah rumah adat Aceh yang masih tergolong sangat bagus. Meskipun rumah tersebut sudah dimodifikasi sebagian bawahnya dengan beton sehingga membentuk ruangan-ruangan baru, pada dasarnya rumah tersebut merupakan rumah Aceh yang khas dengan bilik-biliknya . (lebih…)

Kupiah Meukutop Peninggalan Raja dan Bangsawan Aceh

Melihat warnanya saja sudah tak asing lagi dan enjadi ciri khas daerah paling ujung barat Indonesia. setiap diselenggarakannya vestival dan hari kebesaran daerah, kupiah (topi) khas  Aceh yang terkenal ini karena dipakai oleh dua pahlawan Nasional Indonesia, yaitu Teuku Umar dan Panglima Polem adalah lambang pakaian kebesaran Aceh, orang orang menyebutnya Kupiah Meukutop. (lebih…)

Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB . Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
TERWUJUDNYA MASYARAKAT PIDIE YANG ISLAMI, SEHAT, CERDAS, MAKMUR, DAMAI DAN BERMARTABAT