BPBD Usul Rp. 139 M untuk Rehabilitasi Gempa Pidie

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie telah membentuk tim untuk melakukan validasi data akhir terkait jumlah kerusakan  rumah akibat gempa pada 22 Januari 2013 lalu. Tim melibatkan semua unsur dari aparat gampong, camat hingga dinas terkait.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pidie., Apriadi, S.Sos kepada Serambi, Selasa (19/2) menyebutkan, tim validasi yang sudah bekerja sejak rabu (12/2) akan mendata kembali jumlah kerusakan rumah, baik katagori berat atau ringan.

“Ini perlu melibatkan banyak unsur yang terkait dengan masalah pemetaan bencana, karena ketika terjadi bencana  banyak pihak yang terlibat saat penanggulangan.” kata Apriadi.

Soal persiapan anggaran pembangunan rumah untuk korban gempa, sebutnya, rencananya akan dibantu dari anggaran pusat melalui Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat.

“Jumlah akan dibantun BNPB belum dapat dipastikan kerena kita baru mengusulkan nilai Rp. 139 Miliar. Jumlah ini meliputi perbaikan semua kerusakan disebabkan gempa bukan saja rumah melainkan masjid, jalan dan fasilitas lainnya,” sebutnya.

Selanjutnya, setelah ada keputusan dan data akhir hasil kerja tim, barulah BPBD Pidie menyampaikan ke BNPB, dan selanjutnya diputuskan mekanisme penyaluran bantuan yang dilakukan. (www.serambinews.com)

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN