MUSRENBANG RPJMD

BERBAGAI UNSUR SUKSESKAN MUSRENBANG

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)

Kabupaten Pidie 2012 2017

Sigli, 22 Desember 2012, Pemerintah Kabupaten Pidie, pada awal kepemimpinan Bupati & Wakil Bupati yang baru Tgk. SARJANI ABDULLAH & M. IRIAWAN,SE berniat untuk menyusun kerangka pembangunan daerah untuk lima tahun kedepan atau satu periode, maka diperlukan adanya Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah ( RPJMD) yang dilaksanakan selama tiga hari 19 Desember s/d 21 Desember 2012 di Oproom Setdakab Pidie dan Aula Bappeda Kabupaten Pidie, sebagaimana amanat undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 setelah enam bulan Bupati & Wakil Bupati Terpilih RPJMD sudah di sahkannya dokumen perencanaan untuk lima tahun kedepan ( satu periode ). Bappeda Kabupaten Pidie selaku panitia pelaksana mengundang Unsur Bappeda Aceh, MUSPIDA, Anggota DPRK, Universitas Jabal Ghafur, Para Mukim, LSM, Wartawan, dll lembaga, instansi dan perorangan untuk ikut berpartisipasi memberikan ide, masukan dan kritikan pada acara dimaksud, yang nantinya diharapkan menjadi program prioritas milik bersama segenap komponen masyarakat Pidie untuk fondasi satu periode kedepan.

Kepala Bappeda Aceh Prof. Dr. Ir. Abubakar, MS menyatakan bahwa RPJMD adalah tahapan strategis penyelenggaraan Pemerintah dan Pembangunan yang merupakan proses tahapan pembangunan, sesuai Sumber Daya Dana dan skala prioritas, dalam penjabaran Visi dan Misi Bupati terpilih mulai sejak usai pelantikan, yang draf disusun dijadikan dokumen RPJP, RPJM, RKP Tahunan, ditetapkan dengan Qanun Kabupaten Pidie, yang diperlukan koordinasi yang menjadi tanggung jawab bersama melalui forum musrenbang harus dilakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan untuk sangat perlu didiskusikan adalah ;

1. Sasaran Pembangunan,

2. Strategi dan Singkronisasi Arah Kebijakan,

3. Kebijakan Umum dan Program Pembangunannya,

4. Indikasi Rencana Program Prioritas dan disesuaikan dengan pendanaan,

5. Capaian Indikator Kinerja,

6. Komitmen bersama untuk mempedomani RPJMD dalam pelaksanaan pembangunan tiap tahunnya,

7. Sinerji dengan RPJM Aceh 2012-2017 dan RPJM Kabupaten tetangga.

Wakil Bupati Pidie M. IRIAWAN, SE mengharapkan Musrenbang ini dapat diikuti dengan serius, untuk menghasilkan RPJMD lebih baik dan lebih akurat jelas, tajam, lebih menjamin, lebih mengendalikan kita, lebih komitmen, lebih mudah dipahami untuk dilaksanakan, itu lebih penting, dengan musyawarah dan mufakat tanpa rumit, tanpa harus bingung, tanpa kesulitan karena kita buat sendiri ‘walau tidak kita berikan kepada konsultan untuk di konstrakkan. Harapan kita Hari ini lebih baik dari kemarin dan Hari esok lebih baik dari hari ini, dan tinggal kita buat sesuai dengan kemampuan dan kesepakatan kita disamping kita terus berusaha memberikan yang lebih dengan berbagai usaha-usaha yang tepat., sebagai pedoman untuk pelaksanaan pembangunan 5 tahun mendatang, Mohon dapat dibuang jah-jauh anggapan bahwa RPJM sebagai formalitas pemunuhan dokumen perencanaan dan Musrenbang hanya kegiatan serimonial belaka dan akhirnya RPJM terlalu indah terlalu indah, terlalu tebal maka kita tidak mampu mempodomani lagi, padahal kita pastikan kita selalu mengawasi dan diawasi secara formal dan informal tetap berada pada rel dan jalur yang benar dan tepat.

Akhirnya Wakil Bupati Pide mengharapkan , buatlah indicator-indicator dengan kegiatan-kegiatan ril yang mungkin kita lakukan dan bisa kita lakukan dengan Resep-resep sumber daya dan sumber dana yang ada, sebagai amanah Rakyat kepada Pemimpin beserta Team jajarannya SKPK dapat dan mampu mengemban amanah tersebut nantinya dengan baik.
Harapan Beberapa tokoh masyarakat hendaknya kita memulai memprioritaskan pada pendataan dan bantuan untuk; lebih kurang 24 kelompok masyarakat rentan yang membutuhkan perhatian dan bantuan disamping juga kita mendata segala potensi daerah yang bisa di kembangkan menjadi potensi handalan danpotensi unggulan nantinya dalam mensejahterakan masyarakat secara menyeluruh, serta lahir program-speatakuler. amien. (maimun)

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN