Seputar Pidie

Agar Keluarga Miskin Terdampak Corona Dapat BLT Rp 600 Ribu per Bulan, Pemerintah Desa di Pidie Diminta Segera Rampungkan APBDes

kepala-dpmg-pidie-samsul-azhar

PIDIEKAB.GO.ID | Sigli – Pemerintah desa di Kabupaten Pidie diminta untuk segera merampung Peraturan Desa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2020.

Dokumen APBDes merupakan syarat untuk mencairkan dana tahap I yang juga akan gunakan untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi keluarga miskin terdampak Covid-19.

Sementara sejauh ini, dari total 730 gampong di Pidie, baru 68 di antaranya yang telah merampungkan APBDes-nya.

Dari jumlah itu, baru lima saja yang sudah menerima pencairan tahap I.

“Sisanya sedang dalam tahap pengusulan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kabupaten Pidie, Samsul Bahri, Jumat (17/4/2020).

Ia berharap agar gampong segera merampungkan penyusuan APBDes-nya tersebut.

“Karena dana desa ini diwajibkan juga untuk dialokasikan bagi program penanganan dampak Covid-19,” katanya.

Sesuai Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Tranmigrasi Nomor 6 Tahun 2020, sedikitnya 25 persen dari dana desa dialokasikan untuk program BLT untuk keluarga miskin terdampak Covid-19 tersebut.

“Juknis penggunaan dana desa untuk kegiatan prioritas sudah disebutkan secara terperinci di Permendes yang baru itu dan langsung bisa jadi pedoman bagi gampong,” ujarnya.

Dalam Permendes terbaru tersebut, terang Samsul, desa diminta menyiapkan BLT sebesar Rp 600 ribu per kepala keluarga miskin yang terdampak corona, tapi bukan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH), penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan penerima bantuan pra kerja.

Keluarga miskin terdampak Covid-19 itu akan menerima BLT selama tiga bulan, terhitung sejak April hingga Juni 2020.

 

sumber beritakini.co

BERITA TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hosted by e-Padi.com
Back to top button
Close