Berita

Bupati Pidie Janji Naikkan Jerih TPG

IMG-20181206-WA0030

PIDIEKAB.GO.ID | SIGLI -Bupati Pidie Roni Ahmad, biasa disapa Abusyik janji akan menaikkan jerih Tuha Peut Gampong (TPG) sesuai kemampuan daerah.

“Penambahan jerih perngkat gampong berdasarkan PP nomor 11 tahun 2019, juga harus sejalan dengan peningkatan pelayanan masyarakat. Perlu saya sampaikan, penambahan jerih Keuchik dan perangkat ini, dananya bersumber dari penambahan APBN. Kalau hanya dari APBK, kita tidak sanggup seperti yang diatur PP tersebut. Namun demikian untuk TPG juga kita naikkan semampu kita, walaupun masih jauh dari harapan. Mudah-mudahan kalau kondisi keuangan kita membaik akan segera kita perbaiki juga” kata Abusyik di hadapan 730 Keuchik se Kabupaten Pidie yang turut menghadiri acara sosialisasi peraturan perundang-undangan terkait pelaksanaan UU desa, dan penyerahan Pagu Indikatif dana Gampong tahun 2020 di Gedung Pidie Convention Center (PCC). Kamis (16/1).

Dalam kesempatan itu, bupati Pidie Roni Ahmad, juga menyampaikan bahwa pelaksanaan Bimtek atau studi banding dan perjalanan keluar daerah harus sesuai prosedur, karena menurut dia itu semua ada aturannya.

“Silahkan pedomani Perbup nomor 2 tahun 2018. Apalagi menggunakan dana gampong sesuai dengan kebutuhan dan musyawarah gampong” katanya.

Pada kesempatan itu dia meminta semua para Keuchik (kades) se Kabupaten Pidie untuk penyusunan APBG harus seperti diharapkan pemerintah pusat. “Yaitu pada Janurai harus disalurkan ke rekening Gampong (RKUG). Jangan sampai APBG selesai April, apalagi akhir tahun anggaran” katanya.

Sementara itu, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kabupaten Pidie Drs Samsul Azhar menjelaskan bahwa besaran dana APBG setiap gampong didasari atas luas wilayah, jumlah penduduk dan lokasi gampong (terpencil).

Sebagai informasi pada tahun 2020 Pemkab Pidie mendapat alokasi dana dengan total Rp 717,260,612,550. Dengan Rinciannya Dana Gampong Rp 532,6 Milyar, ADG Rp. 182, 1 Milyar bagian hasil pajak dan retribusi daerah senilai Rp 2,48 Milyar.

Sebut dia, pada tahun 2020 ini Gampong Mane, Kecamatan Mane memperoleh pagu tertinggi senilai Rp 2.509.995.920 dan pagu terendah Gampong Mee, Kecamapatan Peukan Baro dengan pagu senilai Rp 887. 745.720.

sumber waspada.id

Penulis Muhammad Riza

BERITA TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hosted by e-Padi.com
Back to top button
Close