Dinsos Pidie akan Tandai Rumah Penerima Manfaat PKH dengan Lebel ‘Keluarga Miskin’

Senin, 23 September 2019 / 23 Muharram 1441 Belum ada komentar

pkh-2-678x381

PIDIEKAB.GO.ID | Sigli | Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pidie bakal melakukan penyablonan rumah keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di kabupaten tersebut.

Penyablonan dengan lebel “keluarga miskin” tersebut dilakukan untuk menghindari tumpang tindihnya penerima manfaat PKH.

Sekretaris Dinsos Kabupaten Pidie, Harris mengatakan, sejauh ini rencana untuk memberi tanda pada rumah penerima PKH sudah dibicarakan dengan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD).

“Ini baru sebuah usulan, jika disetujui maka 2020 semua rumah penerima PKH akan diberi tanda,” kata Harris yang dikonfirmasi , Rabu (10/7/2019).

Pemberian tanda pada rumah penerima PKH dianggap efektif untuk mencegah keluarga yang dianggap mampu, namun tetap menikmati bantuan PKH tersebut.

Data dari Dinsos Pidie, hingga saat ini, belum ada satu pun Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tergolong mampu bersedia mengundurkan diri secara suka rela dari KPM PKH.

Inisiatif lain yang ditempuh Kementerian Sosial, sejak awal 2019 hingga Juli, tim pendamping PKH kembali melakukan validasi data penerima dan menemukan 1.024 KPM dinyatakan sudah mandiri alias masuk kategori mampu.

“Jika ditunggu kesadaran untuk mengundurkan diri tidak ada, tapi hasil data verifikasi yang dilakukan oleh pendamping PKH, mereka menemukan 1.024 KPM masuk kategori mampu,” ujarnya.

Hasil verifikasi tersebut, kata Harris, sudah diserahkan kepada Kemensos RI. Data tersebut kemudian akan ditindaklanjuti oleh Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Sosial.

“Untuk kemungkinan dikeluarkan, itu pasti. Apalagi sudah dilakukan validasi, tinggal kita tunggu keputusan Kemensos,” ujarnya.

 

 

 

Data Disabilitas 2019

Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
Copyright © 2019 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN