Maddan Plt Sekda Pidie

Selasa, 25 Juni 2019 / 21 Syawal 1440 Belum ada komentar

sekda plt

SIGLI – Bupati Pidie, Roni Ahmad atau Abusyik resmi menunjuk H Maddan SE MSi sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Pidie berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Pidie Nomor: 800/104/2019 yang ditandatangani langsun Roni Ahmad pada tanggal 27 Mei 2019. Bahkan, SK penunjukan Maddan sebagai Plt Sekda Pidie telah diserahkan Wakil Bupati (Wabup) Pidie, Fadhlullah TM Daud ST, di sela-sela buka puasa bersama di Meuligoe Bupati Pidie pada Selasa (28/5) lalu.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Serambi, kemarin, Abusyik memutuskan menunjukkan Maddan sebagai Plt Sekda Pidie seiring surat pengunduran diri Muliyadi Yacob SPd MM sebagai Sekda Pidie telah diterima Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT. Dalam SK Gubernur Aceh Nomor: 821.22/026/2019 tanggal 24 Mei 2019, disebutkan bahwa terhitung 27 Mei 2019, Muliyadi Yacob telah berhenti dari jabatan sebagai Sekda Pidie.

Sedangkan dalam SK penunjukan Plt Sekda dikatakan bahwa, Maddan yang kini masih menjabat sebagai Asisten II Bidang Kesejahteraan di Setdakab Pidie akan bertugas mulai 27 Mei 2019 hingga pelantikan Sekda Pidie definitif. Informasi lainnya mengungkapkan, penjaringan calon sekda Pidie akan dilakukan panitia seleksi (pansel) yang bakal segera dibentuk. Lima nama digadang-gadang bakal menjadi calon sekda Pidie. Yakni, Mutiin (Asisten III Setdakab Pidie), Samsul Azhar (Staf Ahli), H Idhami (Kadis Pendidikan Pidie), Muhammad Adam (Kadis Perkim Pidie), dan Samsul Bahri (Kadis PUPR Pidie).

Wabup Pidie, Fadhlullah TM Daud yang dihubungi Serambi, Minggu (9/6), membenarkan kalau Maddan telah ditunjuk sebagai Plt Sekda Pidie menggantikan Muliyadi Yacob yang telah mengundurkan diri. Penunjukan Plt Sekda, jelas Wabup, berdasarkan keputusan Bupati Pidie. “Maddan menjabat sebagai Plt Sekda Pidie sampai dilantiknya Sekda Pidie definitif,” jelas Fadhlullah.

Ia menerangkan, ada dua aturan yang dipakai dalam pemilihan sekda. Yakni, mengacu kepada PP Nomor 58 Tahun 2009 tentang persyaratan dan tata cara pengangkatan dan pemberhentian sekretaris daerah dan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun, sebut Fadhlullah, khusus untuk Aceh dalam pemilihan sekda boleh tidak dilakukan fit and proper test. “Artinya, mekanisme pemilihan calon sekda dilakukan tim pansel. Di mana tim pansel akan melakukan uji kompetensi secara internal terhadap calon sekda,” ujarnya.

Disinggung lima nama yang mencuat sebagai calon sekda, menurut Wabup, kelima figur tersebut memang telah memenuhi persyaratan menjadi sekda Pidie. Sebab, persyaratan minimal yang harus dipenuhi untuk menjadi sekda adalah, bahwa pejabat tersebut sudah pernah memimpin dua kali sebagai kepala dinas, di samping sejumlah persyaratan lainnya.

“Ya, bisa saja kelima nama pejabat yang mencuat itu salah satunya menjadi sekda Pidie, mengingat mereka telah berpengalaman dan terbaik. Tapi, boleh juga pejabat yang tidak mencuat namanya menjadi sekda. Makanya, kita tunggu saja tim pansel yang akan menjaringnya calon sekda,” ucapnya.

Lebih lanjut, Wabup Pidie, Fadhlullah TM Daud mengakui, pihaknya hingga kini memang belum membentuk tim pansel yang akan bertugas menjaring calon sekda Pidie. Ia menyatakan, pihaknya sedang mencari momen yang tepat untuk membentuk panitia seleksi tersebut.

“Kita membidik waktu yang pas untuk membentuk tim pansel. Sebab, pembentukan tim pansel tidak boleh lama untuk memilih sekda Pidie. Lebih cepat kan lebih bagus, apalagi masyarakat menginginkan segera dilantik sekda Pidie yang baru. SK sekda nanti diterbitkan Gubernur Aceh,” paparnya.

Ia menambahkan, sekda Pidie definitif harus cepat dipilih mengingat Pidie akan melaksanakan even besar yang telah menjadi agenda pada tahun 2019. Yaitu, MTQ Aceh Ke-34, Dekranas, dan dipenghujung tahun 2019, memperingati tsunami yang diikuti sejumlah provinsi dengan pusat acaranya di Pidie. “Juga pelantikan DPRK Pidie periode 2019-2024 hasil Pemilu serentak 2019,” pungkasnya.(naz)

Editor: bakri

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2019 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN