Wabup Pidie | Dialog public “Sustainable Development Goals (SDGs)”

Rabu, 12 Desember 2018 / 3 Rabiul Akhir 1440 Belum ada komentar

WhatsApp Image 2018-07-18 at 12.14.39

Sustainable Development Goals (SDGs) adalah kesepakatan pembangunan global yang disepakati kurang lebih 193 kepala negara pada 25 September 2015 di Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa.

SDGs yang berisi 17 Tujuan dan 169 Target merupakan rencana aksi global jangka panjang (berlaku sejak 2016 hingga 2030).

SDGs Dirancang Secara Partisipatif, berbeda dari pendahulunya Millenium Development Goals (MDGs).

Leave No One Behind (Tidak Meninggalkan Satu Orangpun) adalah prinsip utama SDGs.
Dengan prinsip tersebut setidaknya SDGs harus bisa menjawab dua hal yaitu, Keadilan Prosedural yaitu sejauh mana seluruh pihak terutama yang selama ini tertinggal dapat terlibat dalam keseluruhan proses pembangunan dan Keadilan Subtansial yaitu sejauh mana kebijakan dan program pembangunan dapat atau mampu menjawab persoalan-persoalan warga terutama kelompok tertinggal.

Pengimplementasian SDGs di daerah di lakukan dalam bentuk Rencana Aksi Daerah (RAD) SDGs. Hal ini selaras dengan pelembagaan agenda SDGs ke dalam program pembangunan nasional melalui Perpres No. 59 Tahun 2017.
RAD SDGs melibatkan multipihak untuk memetakan persoalan perempuan, anak, penyandang disabilitas dan kelompok marginal/rentan lainnya.

Hari ini kita menyelenggarakan Dialog publik dengan tema “komitmen negara dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGS) serta RPJM untuk mewujudkan pemenuhan kesehatan perempuan dan HKSR.

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2018 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN