Pembukaan MTQ Ke- 35 Tkt. Kabupaten Pidie Tahun 2018 di Kecamatan Mila

Sabtu, 20 Oktober 2018 / 9 Safar 1440 Belum ada komentar

FB_IMG_1532221308317

 

 

PIDIEKAB.GO.ID | Pembukaan MTQ Ke – 35 Kabupaten Pidie Tahun 2018 di Kecamatan Mila langsung di buka oleh Bupati Pidie Roni Ahmad ( Abu Syiek ) yang di pusatkan di Halaman Masjid Miftahul Jannah

Bupati Pidie mengajak seluruh masayarakat Kabupaten Pidie agar menjadikan Al-Quran sebagai ilmu pengetahuan guna membangun Kabupaten Pidie dengan Meusigrak.

Disamping itu juga meningkatkan pemahaman, penghayatan sekaligus pengamalan isi dan kandungan yang tersurat maupun tersirat dalam Al-Quran untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian disampaikan Bupati Pidie saat membuka Musabaqah Tilawatil Quran ke – 35 Tingkat Kabupaten Pidie di Kecamatan Mila di Halaman Masjid Miftahul Jannah, Sabtu (21/07) malam Pukul 21.15 Wib.

Melalui MTQ ini, Kabupaten Pidie juga berharap dapat menjadi forum silaturahmi yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat rasa persaudaraan dan ikatan kebersamaan sesama Kecamatan dalam Kabupaten Pidie.

“Perhelatan ini harus kita jadikan sebagai media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif. Secara nyata telah terbukti MTQ mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah. Yang terpenting bagaimana penyelenggaraan MTQ ini bisa menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al-Quran sebagai pedoman dan petunjuk hidup manusia,” kata Bupati Pidie.

Selanjutnya Buapati Pidie menyampaikan, Al-Quran juga sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan yang tidak habis-habisnya untuk digali dan dikaji. Keluruhan nilai-nilai ajaran Al-Quran sebagai pedoman dan memberikan pengaruh yang positif kepada masyarakat Kabupaten Pidie dalam mencintai Al-Quran.

Pembukaan MTQ ini turut dihadiri Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud, ST Ketua TP PKK Kabupaten Pidie, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Pidie, Ketua DPRK Kabupaten Pidie , Dandim 0102 Kabupaten Pidie, Kapolres Pidie, Kepala Kejaksaan Negeri Kab. Pidie, Ketua Pengadilan Negeri Sigli, Ketua Mahkamah Syariah Sigli, Ketua MPU Pidie, Para Kepala SKPK, Badan, Kantor , Kabag Setakab. Pidie, Para Camat Se-Kabupaten, BUMN/BUMD , Para Ketua Partai Politik , Para wartawan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta Masyarakat

Sebelumnya, T. Sabirin, SH, MM selaku Ketua Panitia MTQ dalam laporannya menjelaskan, tujuan dilaksanakannya MTQ ini untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dengan merealisasikan ajaran agama dalam masyarakat sesuai dengan tuntunan Al-Quran.

MTQ tahun ini, jelas T.Sabirin, SH, MM diikuti 815 orang peserta yang merupakan utusan dari 23 Kecamatan dengan jumlah 730 Gampong/Desa dalam Kabupaten Pidie,

Para peserta akan mengikuti perlombaan MTQ selama sepekan mulai 22 sampai 28 Juli 2018 jelas T. Sabirin, MM

Kemudian T. Sabirin, SH, MM lebih jauh memaparkan, dalam MTQ tahun ini dimusabaqahkan 8 cabang yaitu Cabang Qirq’ah Sab’ah putra-putri diikuti sebanyak 115 peserta. Kemudian Cabang Tahfiz / Hifzil Qur’an putra-putri sebanyak 138 peserta, Cabang Fahmil Quran diikuti sebanyak 45 regu (135 peserta), Cabang Syarhil Quran sebanyak 43 regu ( 129 peserta), Khattil Quran putra-putri 97 peserta, Cabang Tartil sebanyak 44 Pesera Putra Putri, Cabang Tilawah sebanyak 134 Peserta Putra Putri dan Cabang MMQ sebanyak 23 Pesera Putra Putri.

Sebelum mengakhiri laporannya, T. Sabirin SH, MM menjelaskan bahwa Kec. Kota Sigli telah tiga kali berturut-turut menjadi juara umum MTQ Tingkat Kabupaten Pidie dan Piala Bergilir Bupati Pidie sah menjadi Milik Kecamatan Kota Sigli. Untuk MTQ tahun ini Panitia telah menyediakan Piala Bergilir Bupati Pidie yang baru.

Pembukaan MTQ ke – 35 Tingkat Kabupaten Pidie tahun 2018 di Kecamatan Mila ini ditandai dengan menekan Tombol Sirine oleh Bupati Pidie dan di lanjutkan bacaan ayat suci Al – Qur’an

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir dari Bupati Pidie Roni Ahmad kepada Panitia MTQ yang di terima oleh H. Maddan ,SE, M.Si Selaku Koordinator Panitia MTQ . Piala bergilir tersebut oleh Panitia MTQ untuk diperebutkan kembali. Pada malam pembukaan itu juga dilanjutkan dengan pelantikan dewan hakim yang dilakukan langsung Bupati Pidie, di akhir sambutannya dan arahannya Bupati Pidie Roni Ahmad atau yang di sapa Abu Syiek menyampaikan bahwa Kecamatan yang meraih Prideket Juara Umum MTQ tahun ini akan mendapat 1 Unit Sepeda Motor L Max atas nama Pribadi Abu Syiek.

#Selamat berkompetisi seluruh Para Kafilah MTQ untuk merebut Juara Umum.
By Iswadi Iswadi

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2018 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN