Pidie Sembelih 1.962 Ekor Ternak, Kabid Peternakan | Awas Cacing Hati!

Minggu, 27 Mei 2018 / 12 Ramadhan 1439 Belum ada komentar

 

PIDIEKAB.GO.ID | SIGLI – Jumlah ternak yang disembelih pada meugang menyambut bulan Suci Ramadhan 1439 H di Pidie berjumlah 1.962 ekor.

Jumlah ternak yang disembelih itu tersebar di sebelas kecamatan di Pidie.

Yakni, Kota Sigli, Padang Tiji, Muara Tiga, Mutiara, Grong-grong, Kembang Tanjong, Sakti, Indrajaya, Tangse, Glumpang Tiga dan Pidie.

“Kita imbau kepada masyarakat, agar tidak membeli hati lembu dan kerbau yang diserang cacing hati karena tidak nyaman dikonsumsi,” tukas Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Pidie, Ishak Ibrahim, kepada masyarakat, Senin (14/5/2018).

199814

Ia menambahkan, ciri-ciri secara fisik hati lembu dan kerbau diserang cacing hati. Di mana hampir semua bagian hati telah mengalami perubahan, tidak normal.

“Di dalam hati tersebut lebih banyak pasir dan lendir. Kalau dibelah dari lorong-lorong dan jika dipencet keluar cacing banyak sekali,” sebutnya.

Untuk itu, kata Ishak, jika warga menemukan hati telah diserang cacing hati, agar tidak mengkonsumsi karena akan menimbulkan penyakit.

Lanjutnya, pihak dinas juga akan menurunkan petugas untuk memantau kerbau dan lembu yang disembelih pada meugang. Sehingga ternak yang disembelih itu benar-benar sehat.

Ia menyebutkan, dari 1.962 ternak yang disembelih, tercatat 1.106 kerbau dan 856 ekor lembu.

 

sumber serambi

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2018 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN