Peringatan Otda ke XXI, Wabup Pidie Sampaikan Amanat Mendagri

Minggu, 22 Oktober 2017 / 1 Safar 1439 Belum ada komentar

humas

PEMERINTAH Kabupaten Pidie menggelar upacara memperingati hari Otonomi Daerah (Otda) yang ke XXI tahun 2017. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman tengah Kantor Bupati Pidie. Selasa 25 April 2017.

Wakil Bupati Pidie M Iriawan SE, yang membacakan amanat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) Tjahjo Kumulo menyebutkan, peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXI Tahun 2017 mengangkat tema “Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik Melalui E-Governrnent”.

Dijelaskan, tema tersebut memiliki empat makna pokok yang pertama, pelaksanaan Otonomi Daerah harus mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan kepentingan masyarakat.

Yang kedua adalah peningkatan kinerja pelayanan publik, harus dikelola berbasis teknologi informasi dan komunikasi atau electronic-government, agar masyarakat dapat memperoleh  informasi secara mudah, cepat, dan tepat tentang prosedur pelayanan publik yang disediakan Pemerintah Daerah.

Kemudian yang ketiga yaitu, ketepatan penyediaan pelayanan publik berbasis electronic-government, membutuhkan kemampuan dan integritas yang tinggi dari setiap aparatur Pemerintah Daerah.

Selanjutnya makna keempat adalah, upaya peningkatan kinerja pelayanan publik berbasis  electronic-government, akan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik (good  local governance) dan aparatur pemerintah daerah yang bersih (clean local government).

“Peringatan Hari Otonomi Daerah yang kita laksanakan setiap tahun merupakan momentum untuk mengevaluasi perkembangan kinerja pelaksanaan otonomi daerah pada masing-masing daerah otonom,” ujar Iriawan.

Dia mengatakan dalam pelaksanaan otonomi daerah, pemerintah harus senantiasa fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan daya saing perekonomian daerah, karena hal tersebut merupakan tujuan utama otonomi daerah yang harus menjadi prioritas kebijakan pada setiap Pemerintah Daerah di Indonesia.

“Sejalan dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, saya berharap, setiap Pemerintah Daerah senantiasa berinisiatif untuk mengelola pelayanan publik berbasis electronic-government,” sebutnya.

sumber Humas & Protokoler

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN