Longsor di Tangse

Senin, 20 November 2017 / 1 Rabiul Awal 1439 Belum ada komentar

* Jalan Gampong Blang Teungoh tak Bisa Dilintasi

SIGLI – Akibat hujan terus menerus sejak dua pekan lalu, mengakibatkan tebing jalan Gampong Blang Teungoh, Kecamatan Tangse, Pidie, mengalami longsor di empat titik. Hingga Senin (16/1), material longsor masih menutupi badan jalan, sehingga sulit dilintasi pengguna jalan.lintasan-paya-bilie-lancar_20161129_203306

Akibat terus diguyur hujan, material longsor pun berubah menjadi lumpur. “Badan jalan yang tertutup material longsor ini pun mencapai puluhan meter. Sehingga pengendara sepeda motor harus mendorong kendaraannya agar tidak terpeleset. Sedangkan kendaraan roda empat sama sekali tidak bisa melintas, karena bongkahan tanah dan batu menutupi badan jalan,” kata Camat Tangse, Ir Jakfar, kemarin.

Jakfar mengatakan, pihaknya bersama masyarakat sudah berupaya membersihkan material longsor di badan jalan. Namun karena intensitas hujan yang tinggi, jalan tersebut kini kembali tertimbun tanah yagn jatuh dari tebing jalan.

Ia mengatakan, perlu alat berat untuk membersihkan sisa lumpur yang menutupi badan jalan. Terkait hal ini, ia mengaku sudah berkoordinasi dengan instansi terkait, namun alat berat yang dibutuhkan belum juga tiba ke lokasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya (BMCK) Pidie, Muhammad Nazar ST MT berjanji segera menurunkan petugas ke lokasi, untuk membantu penanganannya.

Di kecamatan yang sama, dua unit jembatan yakni di Gampong Blang Bungong dan Blang Jeurat, juga dilaporkan rusak parah akibat lantai kayu jembatan tersebut sudah lapuk, sehingga membahayakan pelintas. Warga pun memilih untuk mencari jalan alternatif lain, karena khawatir akan terjatuh saat melintasi dua jembatan tersebut.

Kepala Dinas BMCK Pidie, Muhammad Nazar ST MT mengatakan, perbaikan jembatan ini akan dilakukan tahun ini menggunakan dana Rehab-Rekon. Namun ia belum mengetahui kapan pastinya perbaikan jembatan itu dilaksanakan, karena proyek pengerjaannya belum ditenderkan.

“Proyek perbaikan jembatan ini akan ditender sekitar bulan Februari 2017. Pelaksanaannya setelah ada penetapan pemenang tender. Kami belum tahu kapan akan dimulai pengerjaannya, tapi yang pasti akan dilakukan dalam tahun ini.(aya)

 

http://aceh.tribunnews.com/2017/01/17/longsor-di-tangse

 

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN