Pimpin Apel Besar Kebhinekaan, Sekda Pidie: Jadikan Perbedaan sebagai Kekuatan

Minggu, 25 Agustus 2019 / 23 Dzulhijjah 1440 Belum ada komentar

KERAGAMAN dan perbedaan yang dimiliki bangsa dapat menjadi kekuatan bangsa dengan bersama-sama merapatkan barisan, mempersiapkan Sumber Daya manusia (SDM) yang berdaya saing, sehingga mampu mengatasi berbagai ancaman dan gangguan.bendera-merah-putih-garuda-660x330

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie, H. Amiruddin, SE, M. Si dalam sambutannya saat menjadi Inspektur Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai tahun 2016 di Alun-alun Kota Sigli, Selasa 15 November 2016.

Dikatakan, bangsa Indonesia harus mampu mengatasi berbagai ancaman dan gangguan yang awalnya hanya bersifat konvesional dan jangan sampai membiarkannya berkembang menjadi multi dimensional yang dilakukan oleh pihak yang menginginkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terobrak-abrik.

“kita harus memiliki kesiapan sosial budaya untuk menciptakan suasana yang kompetitif di berbagai sendi kehidupan, memiliki kesiapan keamanan baik stabilitas politik dalam maupun luar negeri/regional,” ujar Sekda.

H. Amiruddin menyampaikan Indonesia merupakan, negara kepulauan yang sangat luas terbentang dari Sabang sampai Merauke, terdiri dari beribu-ribu pulau, kaya akan sumber daya alam, suku dan budaya, keragaman suku dan bangsa merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya.

Dilihat dari aspek sosial budaya indonesia terdiri atas ratusan suku bangsa yang masing-masing memiliki adat istiadat, bahasa, agama dan kepercayaan yang berbeda-beda seyogyanya dapat menjadi kekuatan bangsa apabila dapat disatukan dan sikelola dengan baik agar tidak terjadi konflik sebagaimana yang tertulis dalam semboyan negara yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” berbeda-beda tapi tetap satu jua.

“Prinsip sebagai bangsa yang cinta damai terpatri dalam jiwa dengan mengutamakan tindakan pencegahan, mengoptimalkan upaya diplomatik dalam kerangka Confidence Building Measure (CBM) dan Preventive Diplomacy,” ujarnya.

Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai tersebut diselengarakan oleh Pemda Pidie bekerjasama dengan Polres Pidie dan Kodom 0102 Pidie, turut dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Pidie, Para Staf Ahli Bupati Pidie, Para Asisten Sekretariat Daerah Kabupaten Pidie, Para Kepala SKPK dalam Kabupaten Pidie, Para Pamen/Perwira TNI Kodim 0102 Pidie, Para Pamen/Perwira Polres Pidie, Para Ketua Parpol, Ormas, OKP dan Organisasi Kewanitaan dalam Kabupaten Pidie, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dalam Kabupaten Pidie, dan undangan lainnya.[](HP)

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2019 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN