Mayjen Purn Soedarmo Plt Gubernur Aceh

Rabu, 21 Agustus 2019 / 19 Dzulhijjah 1440 Belum ada komentar

* 9 Plt Dilantik Pagi Ini

JAKARTA – Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Polpum Kemendagri), Mayjen TNI Purn Soedarmo ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh. Peresmian Plt Gubernur Aceh dan penyerahan nota dinas jabatan Plt Gubernur itu dilakukan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo di Kemendagri, Kamis (27/10).

mayjen-purn-soedarmo_20161026_141626

Kepastian pelantikan Mayjen Purn Soedarmo sebagai Plt Gubernur Aceh, diperoleh Serambi dari kalangan Kemendagri di Jakarta, Selasa (25/10) malam.

Mayjen Purn Soedarmo, mantan pejabat Badan Intelijen Negara (BIN) akan menjalankan tugas sebagai Plt Gubernur Aceh sampai selesainya pemilihan gubernur/wakil gubernur pada Februari 2017.

Aceh butuh Plt Gubernur lantaran keikutsertaan Gubernur Aceh definitif, dr Zaini Abdullah, sebagai calon gubernur incumbent pada Pilkada Aceh 2017. Zaini Abdullah berpasangan dengan Bupati Aceh Tengah, Ir Nasaruddin MM.

Seharusnya saat Zaini cuti kampanye, posisinya akan digantikan oleh Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf. Namun, sebagaimana diketahui, Muzakir pun mencalonkan diri sebagai kandidat gubernur Aceh periode 2017-2022 berpasangan dengan TA Khalid dari Partai Gerindra Aceh.

Diperoleh informasi bahwa peresmian Plt Gubernur Aceh itu pada Kamis besok juga akan dihadiri Gubernur Zaini Abdullah. Gubernur Zaini yang dihubungi Serambi tadi malam mengaku bahwa benar ia akan hadir dalam acara tersebut. Berangkatnya ke Jakarta siang ini. Namun, Zaini mengaku belum tahu siapa yang ditunjuk Mendagri sebagai Plt Gubernur Aceh selama ia cuti kampanye karena maju dalam Pilkada 2017. “Plt Gubernur Aceh pasti sudah ditetapkan, tapi saya belum tahu siapa orangnya,” kata Zaini.

Anggota Komisi II DPR RI asal Aceh yang membidangi politik dalam negeri, Irmawan MM, mengharapkan Plt Gubernur Aceh bisa menjalankan tugasnya, terutama menyukseskan pelaksanaan Pilkada Aceh. “Plt tentu harus bertindak netral. Dan kita harapkan Pak Soedarmo bisa menjalankan tugasnya dengan baik,” ujar Irmawan yang ditemui Serambi di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

Harapan senada disampaikan Anggota DPR RI asal Aceh lainnya, Teuku Riefky Harsya. “Agenda pilkada adalah agenda demokrasi kita. Karena itu, kita harap berjalan sukses. Salah satu tugas Plt gubernur adalah memastikan suksesnya agenda pilkada tersebut,” kata Riefky, politisi Partai Demokrat.

Sementara itu, Gubernur Zaini Abdullah yang dikonfirmasi tadi malam menyebutkan bahwa pagi ini, sekitar pukul 09.00 WIB, akan berlangsung peresmian sembilan pelaksana tugas (Plt) bupati dan wali kota di Anjong Monmata, Banda Aceh. Jabatan mereka di-plt-kan karena maju sebagai calon bupati/wali kota pada Pilkada 2017.

Jabatan tersebut terdiri atas tiga plt wali kota dan enam plt bupati, masing-masing Kota Banda Aceh, Kota Sabang, dan Kota Langsa. Selebihnya adalah Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Tamiang, Aceh Singkil, Pidie, Aceh Timur.

Saat ditanya siapa-siapa yang akan dilantiknya pagi ini sebagai plt tersebut, Gubernur Zaini Abdullah menyatakan nama mereka belum turun dari Kemendagri. “Masih dirahasiakan. Tapi rencananya akan dikabarkan ke kita mejelang pelantikan. Jadi, kita lihat saja siapa yang dilantik besok,” kata Doto Zaini pukul 22.15 WIB tadi malam.

Sementara itu, sumber-sumber Serambi menyebutkan, sembilan pejabat di jajaran Setda Aceh kabarnya sudah mendapat undangan untuk dilantik sebagai plt bupati/wali kota pagi ini.

Mereka adalah Ir Hasanuddin Ishak MSi (Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Telematika Aceh), Aznal Zahri MSi (Kepala Biro Umum), dan Drs Kamaruddin Andalah MSi (Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk), Drs Hasanuddin MM (Kepala Dinas Pendidikan), Drs Alhudri MM (Kepala Dinas Sosial),

Drs M Ali Alfata MM (Kepala Biro Tata Pemerintahan), H Asmauddin SE (Kepala Satpol PP dan WH), Dr Munawar A Djalil MA (Kepala Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat), dan Prof Dr Amhar Abubakar MS (Kepala Bappeda Aceh).

Siapa yang akan menjabat plt di kota atau kabupaten mana, seperti diisyarakatkan Gubernur Zaini tadi malam, akan terjawab saat pelantikan pagi ini. (fik/dik)

http://aceh.tribunnews.com/2016/10/26/mayjen-purn-soedarmo-plt-gubernur-aceh

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2019 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN