Pemkab Pidie Plotkan Rp 10 M

Jumat, 22 November 2019 / 24 Rabiul Awal 1441 Belum ada komentar

* Untuk Lanjutkan Pembangunan Masjid Al Falah

SIGLI – Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie memplotkan dana sebesar Rp 10 miliar untuk melanjutan pemasangan tiang pancang pondasi Masjid Agung Al Falah Kota Sigli yang baru.pemda-pidie-bangun-masjid-alfalah-sigli-yang-baru

Masjid Agung Al Falah ini dibangun di bekas tanah PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang terletak di Gampong Blok Sawah, Kota Sigli. Jika masjid ini selesai, maka bangunan masjid Al Falah yang lama akan dijadikan sarana pengajian anak-anak.

Kepala Bappeda Pidie, Muhammad Adam MM, Rabu (8/6) mengatakan, kebutuhan tiang pancang untuk pembangunan masjid ini mencapai 1.384 titik. Satu titik memerlukan kedalaman 17 meter.

Pada kontrak tahap pertama tahun 2015 lalu, sudah dikerjakan dan selesai dipasang sebanyak 1.142 titik. Sehingga sisa sebanyak 238 titik lagi. Satu titik diperkirakan menelan anggaran hingga Rp 19,5 juta/titik. “Kami menargetkan semua tiang pancang bisa terpasang tahun ini,” ujarnya.

Sejauh ini, besaran dana yang sudah diplotkan untuk pembangunan Masjid Agung Al Falah baru mencapai Rp 26 miliar, termasuk alokasi tahun 2016. Rinciannya, tahun 2015 sebesar Rp 16 miliar dan tahun 2016 sebesar Rp 10 miliar.

Muhammad Adam juga mengatakan, selain untuk Masjid Agung Al Falah, Pemkab Pidie juga mengalokasikan bantuan pembangunan ke masjid lain. Seperti Masjid Alue Batee di Kota Beureuenun, tahun ini mendapat bantuan dana pembangunan sebesar Rp 3 miliar. Kemudian Masjid Blang Malu baru juga dikucurkan senilai Rp 1 miliar, dan Masjid Bambi mendapat Rp 500 juta.

“Beberapa masjid lain juga mendapat bantuan dana pembangunan meskipun nilainya tidak sebesar masjid yang lain. Sumber dana untuk pembangunan masjid ini berasal dari Dana Otsus 2016, dan bantuan dari pihak lain seperti pemerintah provinsi,” ujarnya.(aya)

Sumber: Serambi Indonesia

 

Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
Copyright © 2019 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN