7.661 Bayi di Pidie belum Diimunisasi

Jumat, 13 Desember 2019 / 15 Rabiul Akhir 1441 Belum ada komentar

SIGLI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pidie belum melakukan imunisasi Polio terhadap 7.661 bayi pada tahun 2016. Menurut data Dinkes setempat, jumlah bayi yang telah diimunisasi tahun ini baru 1.839 orang.images

Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan di Dinkes Pidie, dr Dwi Wijaya, kemarin mengatakan, total bayi yang harus dilakukan imunisasi tahun ini mencapai 9.500 orang. Tapi, pihaknya baru selesai melakukan imunisasi terhadap 1.839 bayi. “Kami berupaya agar jumlah yang tersisa ini bisa terkejar dalam tahun 2016,” kata dwi.

Ia menjelaskan, banyaknya bayi belum diimunisasi, karena kendala eksternal menghadapi isu bahwa vaksin haram dilakukan. Sehingga banyak warga menolak saat anaknya hendak diimunisasi Polio.

Kendala lainnya, masalah kurangnya SDM petugas medis di masing-masing Puskesmas. Padahal, eksistensi petugas Puskesmas di setiap kecamatan merupakan ujung tombak dalam mencapai target jumlah bayi yang terimunisasi. Ia berharap para kepala Puskesmas lebih aktif mendorong pencapaian target program imunisasi ini.

“Kepala Puskesmas harus mendorong pencapaian target program imunisasi. Bukan malah menggagalkan program imunisasi,” ujarnya.

Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinkes Pidie, dr Dwi juga menjelaskan, 11 bayi di Pidie yang awalnya diduga menderita Polio, terbantahkan melalui hasil pemeriksaan di Laboratorium Polio Nasional, Jakarta. “Hasil uji lab menyebutkan, 11 bayi tersebut bukan menderita Polio, namun terserang penyakit lumpuh layu,” ungkapnya.

Anak-anak di Pidie yang menderita penyakit ini dicatat Dinkes sejak tahun 2013 hingga 2015 dan kemudian dikonsultasikan ke Kementerian Kesehatan.

“Kami mengirim contoh kotoran (air besar) setiap anak yang menderita penyakit ini ke Laboratorium Polio Nasional Jakarta, guna mengetahui penyebab lumpuh layu tersebut. Ternyata hasil pengujian laboratorium, lumpuh layu yang mendera bayi di Pidie ini bukan karena Polio,” kata Dwi, tanpa menyebut apa penyebab penyakit tersebut, sehingga bisa diantisipasi oleh warga. Mengingat jumlah penderitanya cukup banyak di daerah ini.(naz)

Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
Copyright © 2019 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN