Disdik Pidie Seleksi Kepala Sekolah, Pengawas, dan Guru Berprestasi

Jumat, 13 Desember 2019 / 15 Rabiul Akhir 1441 Belum ada komentar

PEMERINTAH Kabupaten Pidie melakukan seleksi pemilihan pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru berprestasi untuk TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK tingkat Kabupaten Pidie, kegiatan tersebut dipusatkan di Grand Blang Asan Hotel. Sabtu, 13 Mei 2016.2016-05-14-21.25.50-660x330

Pemilihan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Pidie tersebut berlangsung selama tiga hari, diikuti oleh 49 peserta dari setiap kategori dengan tujuan agar mewujudkan pendidik yang profesional dan bermatabat di negeri penghasil emping Melinjau tersebut.

Dalam laporan Ketua pelaksana kegiatan, Sulaiman menerangkan, sebanyak 49 peserta mengikuti ajang tersebut, untuk kategori guru tingkat sekolah dasar sebanyak 10 peserta, Menengah 10 peserta dan Menengah atas dan sederajat sebanyak 10 peserta.

Sementara di tingkat Kepala Sekolah TK, sebanyak empat peserta, tingkat SD diikuti delapan peserta, tingkat menengah pertama sebanyak satu peserta serta menengah atas dan sederajat dua peserta. Sulaiman menjelaskan dalam kompetensi tersebut, yang terpilih akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp5 juta, untuk juara pertama, Rp4 juta, kepada juara kedua dan Rp3 juta, bagi juara ketiga.

“Syarat peserta yang mengikuti pemilihan, salah satunya harus guru, pengawas dan kepala sekolah yang telah menjabat di tempat yang sama minimal selama dua tahun,” ungkap Sulaiman.

Yang terpilih dari seleksi tingkat kabupaten ini kata dia, akan mengikuti pemilihan di tingkat provinsi, jika nanti di sana mereka mendapatkan juara pertama dan kedua, Pemerintah Kabupaten Pidie akan diberikan bonus perjalanan gratis umrah ke tanah suci.

Adapun Bupati Pidie, Sarjani Abdullah dalam sambutannya yang diwakili Asisten III, bidang Administrasi dan Umum, H. Idhami, S.Sos, meminta guru harus memiliki kepribadian yang islami, karena guru adalah cerminan peserta didik, tidak hanya sebatas pintar di akademik, guru juga harus memiliki karakter yang menjadi teladan bagi murid.

“Menghadapi MEA, guru harus siap berkompentensi, seleksi ini untuk mendorong semangat prestasi dan profesionalitas dalam mendidik, hal itu dapat dilihat dari produktifitas, guru kita harus bisa bersaing sampai ketingkat Internasional,” pungkasnya.

Perlu diketahui kata Idhami, Pemkab Pidie sangat mendukung pemberdayaan guru dan pengawas, hal itu juga sesuai Undang-Undang RI, di mana guru atau pendidik berhak mendapatkan penghargaan dari negara.

Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
Copyright © 2019 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN