Wabup Pidie Resmikan SMP-BP Pertama di Kabupaten Pidie

Minggu, 25 Agustus 2019 / 23 Dzulhijjah 1440 Belum ada komentar

WAKIL Bupati Pidie M. Iriawan, SE meresmikan Sekolah Menengah Pertama Berbasis Pesantren (SMP-BP) di Dayah Nurul Huda Tgk. Chik di Reung-reung di Kecamatan Kembang Tanjong Kabupaten Pidie. Selasa, 9 Februari 2016.IMG_20160209_154814-660x330

SMP-BP merupakan program pengintegrasian kurikulum pendidikan umum dan pendidikan dayah guna mengedepankan muatan lokal keislaman dan adat ke dalam kurikulum pendidikan sekolah.

Dayah Nurul Huda Tgk. Chik di Reung-reung pimpinan Tgk. H. Said Ilyas atau akrab disapa waled di reung-reung ini telah mempelopori sistim pendidikan yang berbasis pesantren pertama dan merupakan terobosan baru dari semua pemangku kepentingan di Kabupaten Pidie.

Wakil Bupati M. Iriawan, SE, dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pidie sangat menyambut baik kehadiran SMP-BP ini, Apalagi kata wabup, ini adalah yang pertama di Kabupaten Pidie.

“Hari ini pendidikan yang paling ideal adalah pendidikan dayah yang dapat terintegrasi dengan pendidikan umum. Ini penting, karena pendidikan dayah haruslah dapat menjadi barometer bagi pengembangan karakter generasi muda kita,” kata Iriawan.

Ia mengatakan, kita harus dapat mencari formula yang baik bagi pendidikan dayah, seperti dayah yang juga memiliki sekolah-sekolah umum. Hal ini penting, karena anak-anak harus mendapat pengetahuan agama dan juga umum demi mengembangkan kapasitas dan potensinya untuk masa depan.

“Kita akan buktikan bahwa pendidikan dayah dapat juga mengikuti perkembangan teknologi, dengan sebuah filter yang dapat mengimbangi perputaran teknologi yaitu pendidikan agama, dengan penanaman aqidah yang kuat bagi anak-anak kita,” ucap Wakil Bupati.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie, Murthalamuddin, S.Pd, MPD menyampaikan, bahwa SMP-BP ini diharapkan dapat menjadi pionir bagi sekolah-sekolah lain, guna menjawab misi Pemerintah Kabupaten Pidie dalam hal pengembangan karakter generasi muda.

“Kita akan suport SMP-BP ini sesuai dengan mekanisme yang berlaku, mudah-mudahan SMP-BP ini dapat dijadikan contoh yang baik bagi kita sekalian,” ungkapnya‎.

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2019 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN