Gugus Lameue Sakti, Latih Guru Secara Mandiri

Rabu, 21 Agustus 2019 / 19 Dzulhijjah 1440 Belum ada komentar

SEBANYAK 7 Sekolah yang tergabung dalam Gugus Lameue di lingkungan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan (UPTD) Wilayah-VIII Kecamatan Sakti, Kabupaten Pidie, melatih guru agar mampu melaksanakan praktik yang baik di kelasnya. Kegiatan tersebut difasilitasi oleh tenaga Fasilitator Daerah dijadwalkan akan berlangsung hingga 16 Januari 2016.IMG_20160113_191534-660x330

Kepala UPTD Wilayah VIII, yang diwakili oleh Ibrahim Abdullah saat membuka acara, mengapresiasi para guru yang hadir dan mau menyisihkan sedikit biaya untuk penyelenggaraan pelatihan yang sangat berguna bagi peningkatan mutu pendidikan dalam wilayah UPTD Sakti. “Saya berharap hal ini dapat diikuti oleh gugus-gugus yang lain. Dan terimakasih kepada USAID Prioritas yang telah membantu meningkatkan kwalitas guru kami,” sebutnya. Rabu, 13 Januari 2016.

Dia mengharapkan, para guru yang mendapat kesempatan ditempa tentang metoda pembelajaran aktif itu untuk dapat mengikuti pelatihan dengan disiplin, penuh semangat dan ikhlas. Agar ilmu yang didapat dari pelatihan tersebut dapat diterapkan di tempat tugas masing-masing.

“Bahwa guru sebagai agen perubahan dalam upaya peningkatan dan memajukan pendidikan, maka dari itu guru harus memiliki metode maupun strategi yang baik dalam mengajar,” ujarnya.

Senada dengan Ibrahim, Ketua KKG, Rizal Fazli, S.Pd. menyebutkan pada umumnya guru masih sulit mengintegrasikan muatan pembelajaran ke dalam tema dan belum terbiasa menggunakan rubrik penilaan, “Guru kita masih terbiasa dengan pendekantan mata pelajaran dan penilaian masih bersifat subjektif. Sangat tepat hari ini yang dilakukan oleh USAID Prioritas dalam peningkatan kopetensi guru. Guru hari ini harus bermutu dan cerdas sehingga dapat menciptakan anak didik yang bermutu dan cerdas,” tambah Rizal.

Menurutnya, Selama empat hari peserta akan diberi pemahaman menyeluruh tentang pembelajaran aktif yang diterapkan pada jenjang SD/MI terutama dengan adanya kebijakan pemerintah Aceh untuk penerapan Kurikulum 2013. Selain itu dalam kegiatan pelatihan ini peserta juga akan mendalami tentang mengelola Pembelajaran secara Efektif, melayani Perbedaan Individu dalam Pembelajaran, pertanyaan tingkat tinggi, penilain autentik, gender di sekolah, literasi lintas kurikulum dan melakukan praktik langsung pembelajaran selama setengah hari di sekolah yang terpilih.

Sementara itu, Koordinator USAID Prioritas Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya, Mashadi mengharapkan, dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan mutu pembelajaran bagi siswa di gugus Lameue Kabupaten Pidie.

http://humasprotokol.pidiekab.go.id

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2019 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN