Bupati Pidie Kukuhkan MAA Tingkat Kecamatan

Jumat, 22 November 2019 / 24 Rabiul Awal 1441 Belum ada komentar

BUPATI Pidie H. Sarjani Abdullah mengukuhkan 115 orang anggota Majelis Adat Aceh (MAA) tingkat Kecamatan. Pengukuhan dilakukan di Oproom Kantor Bupati Pidie. Kamis, 31 Desember 2015. Ketua MAA Kabupaten Pidie Tgk. Tarmizi, S.Pd mengatakan, 115 anggota MAA yang dikukuhkan tersebut berasal dari 23 kecamatan di Kabupaten Pidie untuk periode 2015-2020.IMG_20151231_105701-660x330

Ia menjelaskan, MAA Kabupaten Pidie selama ini telah melakukan berbagai program dalam melestarikan adat istiadat Aceh, di antaranya adalah kegiatan seumapa, “MAA juga menyiapkan berbagai regulasi tentang hukum adat di Pidie, seperti, qanun hutan dan qanun laut, kami berharap dukungan dari semua pihak,” ujar Tarmizi.

Bupati Pidie H. Sarjani Abdullah mengatakan, seluruh anggota MAA, Baik kabupaten maupun anggota MAA kecamatan, agar dapat terus bersinergi dengan program Pemerintah Kabupaten Pidie, untuk ciptakan kembali adat istiadat yang selama ini mulai memudar di tengah-tengah masyarakat.

“Kita kembalikan keunebah endatu kita, sehingga adat yang beriring dengan adab dapat terus terpelihara di bumi Iskandar Muda ini, khususnya Nanggroe Pidie,” ujarnya.

Bupati berharap, para pengurus MAA dapat menyampaikan dan mensosialisasikan segala bentuk hukum adat istiadat kepada masyarakat, dan berkeinginan ke depannya, memiliki sebuah aturan baku yang mengatur tata cara adat istiadat, misalnya, penyamaan terhadap prosesi adat Intat Linto maupun Tueng Dara Baro, penyamaan terhadap tata cara meugoe, meulampoh, tata cara jak u glee maupun hal lain sebagainya.

MAA kecamatan kata Sarjani, harus dapat menjadi “lem” perekat di tengah-tengah masyarakat, menjadi panutan, tempat masyarakat bertanya, dan tempat masyarakat berharap kebijaksanaan.

“Saya tidak ingin mendengar terjadinya perpecahan di tengah-tengah masyarakat, kita jaga daerah tercinta ini, jadikan diri kita sebagai filter dari pengaruh adu domba,” ucapnya

Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
Copyright © 2019 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN