Integrasi Kurikulum Muatan lokal di Semua Jenjang Pendidikan Disimposiumkan

Jumat, 22 November 2019 / 24 Rabiul Awal 1441 Belum ada komentar

PEMERINTAH Kabupaten Pidie akan merancang perpaduan pengetahuan umum dan agama melalui integrasi kurikulum muatan lokal, di semua jenjang pendidikan sekolah, madrasah, dayah dan perguruan tinggi secara berimbang dan terukur. sehingga diharapkan anak-anak Pidie ke depan menjadi pribadi yang mandiri, handal dan religius serta mampu bersaing di tingkat nasional.IMG_20151210_100307-660x330

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Pidie, M. Iriawan, pada pembukaan simposium integrasi kurikulum muatan lokal di Kabupaten Pidie yang diikuti oleh para kepala sekolah dari semua jenjang pendidikan, pimpinan dayah, tokoh pendidikan, perwakilan akademisi dan mahasiswa, juga dihadiri oleh seluruh unsur Muspida Pidie di Oprom Setdakab Pidie, Kamis 10 Desember 2015.

Adapun pemateri yang dihadirkan pada simposius tersebut antara lain, Pejabat Kementrian Pendidikan dan agama di Jakarta, Ketua PPISB Unsyiah dan Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

“Saya memiliki harapan yang besar kepada saudara-saudara para tenaga pendidik dan Tengku – teungku Dayah, karena tanpa kerja keras dari saudara sekalian maka program Pemerintah Daerah Kabupaten Pidie di bidang pendidikan tidak dapat berhasil,” ujarnya.

Pemerintah terus berupaya meningkatkan akses terhadap pendidikan yang berkualitas kata Iriawan, melalui peningkatan sarana dan prasana pendidikan dan peningkatan SDM Guru, serta upaya Pemkab dalam proses penegerian Universitas Jabal Ghafur yang merupakan Ikhtiar semua untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di Pidie.

Ketua Panitia Simposium, H. Amiruddin SE, M. Si mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk memberikan penguatan materi pengetahuan agama, bahasa dan life skill serta pengayaan aspek kearifan lokal dan wawasan syariat islam bagi peserta didik seseuai dengan kebutuhan jenjang pendidikan masing-masing.

Adapun sasarannya yaitu jenjang pendidikan sekolah dimulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, Lembaga pengajian atau dayah dan perguruan tinggi.

“Di semua jenjang kita fokuskan terutama dimuatan lokal mesti ada kearifan lokalnya, yaitu nilai-nilai keacehan kita dan syariat islam,” ujar Sekretaris Daerah Pemkab Pidie tersebut.

Dia mengatakan kegiatan tersebut diharapkan dapat memberi masukan sehingga menghasilkan gagasan-gagasan baru untuk kemajuan pendidikan, sesuai dengan visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Pidie

Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
Copyright © 2019 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN