Membangun Pidie Dengan Kebersamaan

Rabu, 20 September 2017 / 28 Dzulhijjah 1438 Belum ada komentar

KABUPATEN Pidie terkenal sebagai wilayah yang punya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Banyak putra-putri Pidie yang berhasil, baik dibidang birokrasi maupun sebagai pengusaha, bahkan hingga ke tingkat nasional. Sumber daya alamnya juga banyak, namun masih harus diman- faatkan secara optimal.kepalapemerintahanpidie-660x330

 

Di sisi lain, tantangan-tantangan yang dihadapi juga semakin berat. Bagi kaum nelayan misalnya, faktor cuaca seringkali menjadi penghambat mengarungi lautan. Bagi petani sawah, ketersediaan air atau pupuk menjadi parameter penentu keber hasilan menggarap sawah. Jelas, ada beragam masalah yang dimiliki masyarakat.

Nah, untuk menyelesaikan beragam persoalan tersebut, dibutuhkan seorang leader yang punya karakter kepemimpinan yang kuat dan inovatif. Harus punya seorang pemimpin yang mau bekerja keras, visioner, dan mampu mengalokasikan sumber daya mewujudkan cita-cita bersama dengan berbagai terobosan.

Dengan pengalaman lapangan yang luar biasa, khususnya sebagai panglima  Gerakan Aceh Merdeka pada masa konflik, kriteria itu ada pada sosok Sarjani Abdullah. Maka ketika Sarjani dilantik sebagai Bupati Pidie pada 12 Juli 2012, harapan besar digantungkan pada lelaki kelahiran Nyong, Luengputu, pada 20 Maret 1970 ini.

Cita-cita semakin besar digantungkan pada Sarjani ketika dia awal pencalonannya, dia dipasangkan dengan seorang birokrat berpengalaman dan sederhana, M Iriawan SE. Seorang Birokrat yang telah lama dalam roda pemerintahan. Iriawan merupakan pria kelahiran Sigli, 13 Januari 1961, tentu juga telah berkomitmen penuh untuk membantu Bupati Sarjani guna mewujudkan Pidie menjadi lebih baik.

Selain sebagai bupati, Sarjani kini juga menjabat Ketua Partai Aceh (PA) Wilayah Pidie. PA adalah salah satu partai lokal yang diperkenankan berkompetisi dalam pemilu dan Pilkada, seperti halnya partai nasional yang lain. Ini sesuai dengan MoU Helsinki yang dituangkan dalam Undang-undang Pemerintahan  Aceh.

Sebagai ketua sebuah partai politik yang sudah berhasil mengusung banyak calon mereka ke kursi pimpinan daerah dan juga legislatif, keberadaan Sarjani tentunya memberi banyak keuntungan. Sarjani bisa memobilisasi segenap potensi di Pidie untuk mewujudkan program-program yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat banyak.

Lelaki yang lebih akrab disapa dengan panggilan Abu ini, juga terkenal tanggap terhadap persoalan yang terjadi di masyarakat. Ketika Tangse dilanda gempa yang merobohkan rumah-rumah penduduk, suami dari Rohana Razali ini langsung turun tangan membantu warga yang menjadi korban. Terobosan demi terobosan juga dilakukan, mulai dari bidang pertanian, Infrastruktur serta penataan birokrasi.

Banyak program yang telah dibuat dan dijalankan. Program-program tersebut juga bersinergis dan mengacu kepada program yang dibuat oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Namun secara santun dan bersahaja dalam setiap kesempatan Sang Kepala Pemerintah Pidie ini tidak pernah henti-hentinya mengajak seluruh pihak dan masyarakat Kabupaten pidie untuk bersama-sama membangun Pidie.

Berbagai terobosan pembangunan itu dilakukan melalui kerja sama yang erat dengan berbagai pihak. Dengan prinsip kebersamaan itulah, Sarjani Abdullah berusaha membangun Pidie menjadi lebih baik. Kerangka perencanaan telah disusun dalam sebuah Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pidie 2012-2017 yang merupakan turunan dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2012-2026.

Ini menjadi bukti awal Bupati Sarjani untuk menata Pidie ke depan menjadi lebih baik. RPJMD ini menjadi acuan dasar bagi seluruh Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) dalam menyusun rencana strategis guna mendukung visi-misi yang telah ditetapkan.

Saat ini Bupati Sarjani Abdullah bersama Wakil Bupati M. Iriawan, SE telah menetapkan sasaran  pembangunan Kabupaten Pidie yang dirumuskan ke dalam delapan prioritas pem- bangunan Kabupaten Pidie, yaitu:

  1. Peningkatan pengamalan nilai-nilai keislaman, sosial dan Budaya
  2. Reformasi birokrasi, supremasi hukum, Tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik;
  3. Peningkatan ketahanan pangan.
  4. Pemberdayaan ekonomi masyarakat, perluasan kesempatan kerja dan penanggulangan kemiskinan.
  5. Peningkatan kualitas. pendidikan.
  6. Peningkatan pelayanan kesehatan.
  7. Pembangunan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan ekonomi.
  8. Pelestarian Lingkungan hidup dan pengurangan risiko bencana.

Tentu untuk mewujudkan kedelapan prioritas pembangunan tersebut membutuhkan waktu. Namun, sejalan dengan tekad dan kemauan yang dimilikinya, serta dibantu jaja- jaran staf dan seluruh masyarakat Kabupaten Pidie, insya Allah berbagai program prioritas tersebut bisa diwujudkan sangPanglima.

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN