2016, Petani Diasuransikan

Selasa, 22 Agustus 2017 / 29 Dzulqaidah 1438 Belum ada komentar

* Terima Ganti Rugi Jika Alami Padi Puso

SIGLI – Mulai tahun 2016, sebanyak 2.650 kelompok tani (poktan) di Pidie yang terdiri dari 3.000 lebih petani, bakal diasuransikan. Tujuannya, agar ada ganti rugi jika padi yang ditanam, mengalami gagal panen atau puso.

 

petani

“Iuran asuransi dihitung per bulan per hektar per musim. Yaitu sebesar Rp 180.000/ha/musim yang ditanggung petani 20 persen. Selebihnya, ditanggung pemerintah setempat,” ujar Kepala Dinas Pertanian Peternakan (Distannak) Pidie, Ir Ainul Mardhiyah kepada Serambi, Minggu (1/11).

Asuransinya diberikan untuk kelompok tani. Bukan orang per orang melainkan per Poktan masing-masing. Sehingga pembayaran iuran maupun klaim, merupakan tanggung jawab Poktan, bukan per orangan,” jelasnya.

Program ini, kebijakan dari Departemen Pertanian yang sudah bekerjasama dengan Asuransi PT Jasindo, yang sudah sosialisasi ke Poktan-Poktan di Pidie.

Kadistannak Pidie itu menjelaskan, untuk rencana program asuransi bagi petani Pidie ini, nantinya dibebankan biaya uang muka kepada kelompok tani sebesar Rp 36.000. Pergantian klaim nantinya disesuaikan dengan luas areal tanam. Kategori yang dibayar klaimnya antara lain, padi mengalami kekeringan, kena banjir, dan mengalami puso.

Di sisi lain, jelas Ainul, tahun 2014-2015, petani mendapat bantuan pupuk organik cair dari APBN. “Bantuan itu langsung dari pusat dikirim ke petani. Diberi dalam bentuk barang bukan uang,” terangnya.

Bantuan diperoleh petani dalam bentuk satu paket, dari terdiri dua jenis benih (padi dan kedelai), pupuk, urea, NPK, obati obatan juga. Untuk Pidie disalur melalui distributor UD Fantani Subur di Beureuenun. Ia mengklaim, saat ini panen hasil padi di Pidie peningkatan, dengan hasil rata-rata mencapai 8 ton/ha. Sedangkan kedelai 5 ton/ha.(aya)

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN