Kesadaran Membayar Zakat PNS Pidie Semakin Tinggi

Minggu, 17 Desember 2017 / 28 Rabiul Awal 1439 Belum ada komentar

GEDUNG dua lantai di sisi persimpangan lampu merah berdekatan dengan terminal Kota Sigli dari luarnya kelihatan sepi, namun keadaan itu berbeda dengan di dalam, di luar gedung tampak sebuah tulisan besar Badan Baitul Mal Kabupaten Pidie. Sejumlah pegawai sibuk mondar mandir bekerja memasuki satu ruang ke ruangan lainnya.

baitul-mal-pidie-660x330

Tim Pidie Buletin langsung menuju ke lantai dua setelah menuju sebuah ruangan di atas pintu bertuliskan Kepala, di ruangan berkaca terlihat sejumlah orang berpakian rapi sedang duduk seperti hendak melakukan rapat, setelah menunggu di luar beberapa saat, tim Pidie Buletin akhirnya dipersilahkan masuk ke dalam ruangan tersebut.

Di dalamnya Kepala Baitul Mal Kabupaten Pidie, H. Adnan Syaidan menerima kami dan menjelaskan perihal perkembangan zakat di lembaga yang dia pimpin, dia mengatakan selama ini ada peningkatan kesadaran pegawai negeri sipil di jajaran pemerintah Kabupaten Pidie, menurutnya sejak 2014 telah terkumpulkan sebanyak Rp 2,4 Millar zakat dengan tingkat kesadaran para pegawai mencapai 80 persen. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kesadaran sosial dalam agama para pegawai semakin meningkat sehingga dapat membantu banyak warga yang membutuhkan terutama fakir miskin.

Selain itu, sebagian kontraktor di Pidie juga merupakan penyumbang zakat terbesar di kabupaten ini, sehingga melihat perkembangan yang sangat pesat terhadapat pentingnya berzakat, Baitul Mal Kabupaten Pidie telah merencanakan pengembangan badan Amil tersebut hinga ke setiap Kecamatan.

“Alhamdulillah sangat berkembang, sehingga kami akan sosialisasi lagi di tingkatan gampong kepada warga yang memiliki pendapatan lebih untuk menzakatkan hartanya, adapun penampungnya nanti kami akan bangun badan amil ini hingga ke setiap kecamatan di Pidie,” ungkapnya.

Kepada masayarakat yang non PNS kami mengimbau untuk dapat menyisihkan sedikit hartanya utnuk zakat dan menyalurkannya melalui Baitul Mal, sebagaimana lembaga amil zakat yang telah ditunjukkan atau resmi milik pemerintah, karena masih sangat banyak warga Pidie yang membutuhkan bantuan, terutama mereka yang ada dipelosok Gampong.

“Selain mendapatkan pahala dari Allah SWT, membayar zakat juga akan melindungi kita dari bencana harta kita,” sebut H. Adnan.

Ia menjelaskan, pada awal Juni 2015 kemarin Badan Baitul Mal Pidie telah memberikan hak zakat kepada 2300 fakir miskin masing-masing memperoleh Rp 200 ribu, kemudian 200 orang Ibnu Sabil yang diberikan sebesar Rp 300 ribu hingg Rp 700 ribu perorangnya, lima orang Muallaf masing-masing memperoleh Rp. 1-2 juta, infaq kepada santri diluar Pidie sebanyak 610 orang masing-masing memperoleh Rp. 300 ribu, kepada 104 guru pengajian masing-masing memperoleh Rp. 1 juta, kemudian dana transportasi kepada pasien Rumah Sakit yang kurang mampu sebesar Rp. 300 ribu hingga Rp. 1 Juta setiap pasiennya (menurut jarak tempuh).

Sebanyak 75 penyandang cacat permanen juga mendapat bantuan, masing-masing memperoleh Rp. 200 ribu, bantuan kepada 50 penyandang tuna netra masing-masing memperoleh Rp. 300 ribu, penyandang cacat fisik lainnya sabanyak 60 orang masing-masing memperoleh sebesar Rp.300 ribu hingga Rp.1 juta menurut tingkat kecacatan yang dialaminya serta 600 buruh dan Harlan kurang mampu s masing-masing memperoleh Rp. 50 ribu (khusus hari meugang).

Adnan juga mengimbau kepada perangkat Gampong yang menemukan guru pengajian dan santri yang belajar, khususnya yang kurang mampu untuk dapat memberikan laporannya dan mengajukan proposal kepada Baitul Mal agar dapat imemperoleh zakat.”Begitu juga jika ada Muallaf yang harus dibantu serta fakir miskin lainnnya, apalabila belum mengerti prosedurnya agar segera menanyakan kepada petugas Amil di kantor yang terbuka selama jam kerja,” terangnya kepada Pidie Buletin.Sumber

Sumber : http://humasprotokol.pidiekab.go.id

 

 

 

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN