Kadinkes Pidie: Waspadai Penyakit Tidak Menular

Kamis, 21 September 2017 / 29 Dzulhijjah 1438 Belum ada komentar

PENYAKIT Tidak Menular (PTM) seperti penyakit jantung, stroke, ginjal, kolestrol, darah tinggi, obesitas masih sangat rentan dialami oleh masyarakat saat ini, khususnya mereka yang berusia di atas 40 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie dr. Fajriman, Sp.S mengatakan, hal itu dikarenakan masih rendahnya pemahaman masyarakat secara umum dalam mengatur pola makan dan gaya hidup yang sehat.IMG_20151023_160730

 

 

“Baik soal waktu makan, porsi dan jenis makanannya, ditambah dengan sangat jarang berolah raga.” kata Fajriman yang juga Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pidie saat ditemui dikantornya, Jumat, 23 Oktober 2015.

Kemudian kebiasaan sajian makanan yang mewah, menurutnya juga sebagai salah satu faktor terhadap kemungkinan untuk terkena PTM yang berbahaya tersebut sehingga tidak mengherankan jika angka pasien dengan PTM cenderung akan terus bertambah.

“Makanan yang kaya lemak, protein dan sebagainya itu, terkadang menjebak kita, Jika dikunsumsi dengan takaran yang tidak jelas, akan sangat berbahaya khususnya bagi orang-orang yang berusia di atas 40 tahun. Untuk itu harus ada kontrol, dan inilah yang harus betul-betul dipahami,” jelasnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie akan menurunkan para Dokter Spesialis ke Puskesmas dan juga telah memerintahkan para kepala Puskesmas untuk rajin turun ke gampong-gampong guna melakukan upaya pendeteksian dini seraya memberikan pemahaman serta penyuluhan kepada masyarakat agar bisa terhindar dari ancaman berbagai penyakit.

Dalam kaitan ini Fajriman meminta dukungan semua pihak (lintas sektor), baik tokoh masyarakat maupun tokoh agama serta masyarakat seluruhnya. Sebab menurut dia, jika tidak ada dukungan dari pihak lain maka dirasakan sulit bagi pihaknya untuk bisa memperbaiki keadaan yang ada seperti sekarang ini.

“Mari sama-sama kita waspadai penyakit tidak menular ini, dengan melakukan pemeriksaan atau chek up yang teratur, hal ini untuk kepentingan kita semua, menjaga diri sebelum sakit adalah pekerjaan susah, namun hasil yang kita peroleh dari pola hidup sehat akan bermanfaat bagi diri kita sendiri,” tegasnya

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN