Kepala Puskesmas Diimbau Siagakan Ambulans

Sabtu, 19 Agustus 2017 / 26 Dzulqaidah 1438 Belum ada komentar

1468526_4005541953663_460144854_n

Sigli – Kepala Dinas Kesehatan ( Dinkes) Pidei meminta kepada 18 kepala pukesmas rawat jalan untuk menempatkan ambulans di puskesmas di luar jam kerja. Penegasan penempatan ambulans itu seiring adanya kasus warga terpaksa membawa keluarganya yang sakit dengan menyewa becak  maupun mobil. Total pukesmas di pidie 26 unit tersebar di 23 kecamatan.

“Pemkab telah menempatkan satu unit ambulan di 18 pukesmas yang berstatus rawat jalan. Ambulan itu harus ada di pukesmas selama 24 jam, termasuk luar jam dinas di saat pukesmas telah tutup. Kecuali ambulans sedang keluar mengantar pasien , “ kata Kepala Dinas Kesehatan Pidie, drg Mohd Ridha Faisal MARS, menjawab Serambi, Selama (18/2).

Dengan adanya ambulans di pukesmas , kata Faisal, warga tidak perlu menyewa becak maupun mobil saat merujuk keluarganya yang sakit ke pukesmas atau pun Rumah Sakit Umum (RSU) Tgk Chiek Di Tiro. Tak hanya itu, lanjutnya, pasien yang mengalami akan lebih cepat mendapatkan pertolongan. Konon lagi pasien kecelakaan di jalan raya yang membutuhkan pertolongan medis secara cepat. “ Sebab kita tidak mengetahui kapan orang sakit yang harus mendapatkan pertolongan medis segera. Jika ada pasien yang terlantar gara-gara tidak ada ambulans di pukesmas tersebut, “ Tegas mantan Kabid Pelayanan Kesehatan RSU Sigli itu.

Ia menjelaskan pukesmas rawat jalan yang tersebar di -18 kecamatan beraktifitas pukul 08.00 WIB. Lalu, melayani kartu bagi warga yang sakit sekitar pukul 09.30 WIB. Dokter dan perawat beristirahat pada pukul 12.30 WIB serta pukul 13.30 WIB mereka harus beraktifitas kembali. Pada pukul 16.30 WIB, aktifitas di pukesmas rawat jalan tutup.

“ Tapi, ambulans tetap di tempatkan di masing-masing puikesmas. Kita menginformasikanitu agar warga mengetahuinya, Jangan pukesmas selalu menjadi sasaran kesalahan, “ kata drg Faisal “.

 Ia menjelaskan, setiap pukesmas rawat jalan ditugaskan satu dokter umum, kecuali pukesmas rawat inap jumlah dokter yang bertugas lebih dari satu orang. Karena pukesmas tersebut di buka 24 jam dengan jumlah kunjungan pasien lebih banyak. Kata Faisal, pukesmas rawat inap terdiri dari pukesmas Kembang Tanjung dengan menempatkan empat dokter, lalu, Pukesmas Padang Tiji empat dokter, Pukesmas Murara Tiga tiga dokter , Pukesmas Sakti empat dokter, Pukesmas Delima Reube tiga dokter , Pukesmas Tangse tiga orang dan Pukesmas Geumpang satu dokter . Adapun ambulans pada pukesmas rawat inap berjumlah dua unit.

“ Kita memiliki 26 pukesmas di 23 kecamatan di kabupaten pidie, Rinciannya, 18 pukesmas rawat jalan dan 8 pukesmas rawat inap, “ demikian Mohd Ridha Faisal.

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN