Wabup Panen Perdana Padi Cantik Manis

Kamis, 21 September 2017 / 29 Dzulhijjah 1438 Belum ada komentar

Sigli – Seluas 20 hektare sawah padi cantik manis di Gampong Mane, Dusun Krueng Leumieh, Meunasah Alue Ie Itam, Kecamatan Mane,Pidie, Senin(1/4) mulai di panen. Panen itu dilakukan oleh Wakil Bupati Pidie M Iriawan, Kepala Distannak Pidie, drh Anas Abdullah, Camat Mane Bukhari, Kepala Badan Penyuluh Pertanian Ketahanan Pangan, T Sabirin dan unsur terkait lainnya.

Juga hadir tokoh ulama setempat Tgk Abdurrahman bin M Amin atau sering disapa Abu Keune. Suasana panen disertai dengan makan bersama beras cantik manis yang dipanen itu.

Padi cantik manis adalah jenis padi pernah populer era tahun 2970-an. Dikenal beras cantik manis dari daerah pegunungan Tangse, Mane dan Geumpang. M Yusuf(68), petani di Gampong Mane mengatakan, sejak tahun 1980 mareka tidak lagi menanam padi cantik manis. “ karena usianya enam bulan sedangkan padi lain empat,” katanya.

Alasan lain karena benih sulit diperoleh. “ tahun 1980-an padi cantik manis  mulai hilang. Kami juga beralih kepadi biasa,” tambah Muslim.

Ketua Kelompok Tani Bungong Ramil. Di Kecamatan Mane ada empat desa yakni Desa Mane, Luteung, Blang Dalam dan Trucut. Benih cantik manis adalah  bantuan Dinas Pertanian dan Peternakan Pidie.

“Ada dua jenis pertama cantik putih yang kedua cantik lembayung. Labih enak cantik putih. Usia sama enam bulan dari mulai penyemain,” tambah Muslim. Menurut Muslim, keinginan tanam padi cantik sudah lama, namun sulit dapat benih. Karena ada bantuan dinas cetak sawah baru di dusun mareka  sehingga terwujud tanam padi cantik manis.

 

Tanggapan Dinas

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pidie, drh Anas Abdullah mengatakan jenis padi cantik manis adalah ikonnya Pidie tempo dulu. Disela-sela perdana padi cantik manis di Mane, Kemarin mengaku ada 50  hektare pengembangan padi jenis ini. “ini adalah warisan leluhur akan dikembangkan kembali,”katanya.

Disebutkan, 50 hektare padi cantik manis disebar di 20 hektare di Kecamatan Mane, lalu 20 hektare di Geumpang dan 10 hektare di Tangse.”ini program tahun 2012, yang baru panen di Mane selebihnya belum panen,”katanya.

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN