Tupoksi DISHUBKOMINFO

Sabtu, 19 Agustus 2017 / 26 Dzulqaidah 1438 Belum ada komentar

DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Susunan dan Kedudukan

(1) Susunan Organisasi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, terdiri dari :
Kepala Dinas;
Sekretariat;
Bidang Perhubungan Darat;
Bidang Perhubungan Laut;
Bidang Komunikasi dan Informatika;
UPTD; dan

Kelompok Jabatan Fungsional
(2) Sekretariat, terdiri dari :
Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
Sub Bagian Data dan Penyusunan Program; dan
Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan.

(3) Bidang Perhubungan Darat, terdiri dari :
Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Darat;
Seksi Pengendalian dan Operasional Transportasi Darat; dan
Seksi Pengelolaan Perparkiran.

(4) Bidang Perhubungan Laut, terdiri dari :
Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Laut; dan
Seksi Kepelabuhanan dan Kesyahbandaran.

(5) Bidang Komunikasi dan Informatika, terdiri dari :
Seksi Pelayanan Komunikasi Masyarakat dan Pengawasan Informasi;
Seksi Media Tradisional, Pers dan Media Elektronika; dan
Seksi Pos dan Telekomunikasi.

(1) Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika adalah Perangkat Daerah sebagai unsur pelaksana Pemerintah Kabupaten di bidang perhubungan, komunikasi dan informatika; dan

(2) Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui SEKDA.

(1) Sekretariat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28, dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas;

(2) Bidang-bidang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28, dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris;

(3) Sub Bagian-sub bagian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28, dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris;

(4) Seksi-seksi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28, dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Tugas, Fungsi dan Kewenangan
Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas melaksanakan tugas umum Pemerintahan dan Pembangunan di bidang perhubungan, komunikasi dan informatika sesuai peraturan perundang-undangan.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana di maksud dalam Pasal 31, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika mempunyai fungsi :

  1. pengelolaan administrasi umum yang meliputi pekerjaan ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, perlengkapan, organisasi dan ketatalaksanaan Dinas;
  2. penyusunan program kerja tahunan, jangka menengah dan jangka panjang;
  3. penyusunan program dan kebijaksanaan teknis di bidang perhubungan, komunikasi dan informasi;
  4. pelaksanaan pengawasan, pengamanan, dan pengembangan sistem dalam pelayanan jasa di bidang pengelolaan transportasi darat, laut, udara, pos dan telekomunikasi;
  5. melaksanakan perencanaan dan penataan sarana, prasarana transportasi dan pemeliharaan fisik, serta tempat-tempat pemberhentian, pemberangkatan / terminal dan pengelolaan perparkiran, pelabuhan laut, pos dan telekomunikasi yang menjadi kewenangan Daerah;
  6. pelaksanaan penelitian bidang perhubungan, komunikasi dan informasi;
  7. pelaksanaan pembinaan operasional di bidang perhubungan, komunikasi dan informasi sesuai dengan ketentuan Perundang-undangan yang berlaku;
  8. pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan pelaporan;
  9. pelaksanaan koordinasi dengan instansi dan atau lembaga terkait lainnya di bidang perhubungan, komunikasi dan informasi;
  10. pembinaan UPTD; dan
  11. pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugasnya;

 

Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana di maksud dalam Pasal 32, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika mempunyai kewenangan:

  1. menyelenggarakan dan mengawasi kelayakan sarana dan prasarana angkutan darat, sungai, danau dan penyeberangan;
  2. menyelenggarakan pendaftaran dan pengujian kendaraan bermotor;
  3. mengawasi pengangkutan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3);
  4. menyelenggarakan dan mengawasi pemasangan dan pemeliharaan alat pengawasan dan alat pengamanan (rambu-rambu) Lalu Lintas Jalan Kabupaten, Danau dan Sungai Non Lintas Kabupaten serta Laut dalam wilayah 4 (empat) mil;
  5. menetapkan dan mengawasi jaringan transportasi dan kelas jalan;
  6. menyelenggarakan dan mengelola Search And Resque Daerah;
  7. menetapkan standard batas maksimum muatan dan berat kendaraan pengangkutan barang dan tertib pemanfaatan;
  8. mengelola dan mengawasi pemanfaatan terminal dan perparkiran;
  9. menyelenggarakan dan mengawasi jaringan trayek, komposisi angkutan, pemberian rekomendasi dan perizinan pengoperasian angkutan;
  10. memberikan rekomendasi, penyelenggaraan dan pengawasan pemanfaatan jaringan lintas sungai, danau, laut, darat dan udara;
  11. memberikan rekomendasi, perizinan dan pengawasan pendirian sekolah mengemudi;
  12. menetapkan rencana dan kebijakan untuk mendukung tugas pembantuan di bidang perhubungan dan informatika;
  13. menyelenggarakan dan mengawasi standar pelayanan minimal dalam bidang perhubungan dan telekomunikasi;
  14. menyelenggarakan kualifikasi urusan jasa, sistem dan promosi bidang perhubungan dan telekomunikasi;
  15. melakukan koordinasi dalam rangka pemberian rekomendasi dan pengawasan reklamasi, kapal keruk dan salvage;
  16. menetapkan kebijakan teknis pembangunan dan pengawasan terhadap pengelolaan pelabuhan;
  17. menetapkan kebijakan teknis di bidang telekomunikasi;
  18. menetapkan rencana umum jaringan sarana dan prasarana kenavigasian, pemanduan, penundaan kapal, penjagaan dan penyelamatan;
  19. menyelenggarakan dan mengawasi Daerah Lingkungan Kerja Perairan (DLKP);
  20. menyelenggarakan pemanfaatan, pengelolaan sistem informasi dan teknologi;
  21. menyediakan informasi melalui database, pelayanan media, pos dan telekomunikasi; dan
  22. melakukan pembinaan dan pengawasan usaha jasa pos dan telekomunikasi dalam wilayah kabupaten.
Social Media Share!

    Tags:

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN