Bupati Minta Petani Tak Tanam Padi di Musim Gadu

Sabtu, 18 November 2017 / 28 Safar 1439 Belum ada komentar

Bupati Minta Petani Tak Tanam Padi di Musim GaduSigli – Bupati Pidie, Sarjani Abdullah menghimbau petani jangan memaksakan untuk menanam padi pada musim gadu (April – September) tahun ini. Sehingga petani tidak merugi akibat sawahnya tidak terairi.

“Jangan sampai pengalaman tahun lalu yang mengakibatkan puso di Pidie terulang lagi. Perlu diatur jadwal turun sawah, sehingga tidak ada pihak yang merugi.” Ujar Sarjani Abdullah di hadapan ratusan peserta rapat turun ke sawah, di Aula Setdakab Pidie, Senin (16/9).

Rapat difasilitasi Badan Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan (BPPKP) Pidie, diikuti kejruen blang, camat, imum mukim sekabupaten Pidie. Kegiatan itu dihadiri unsur dinas terkait dari provinsi dan kabupaten setempat.

Bupati Sarjani Abdullah mengaku cukup menyayangkan nasib petani yang menanam padi diwaktu kering (gadu), “Sudah berupaya menggarap sawah, tapi dihadapkan pada krisis air,” ungkapnya.

Bupati Pidie juga mengingatkan, di musim gadu sebetulnya jangan dipaksa menanam padi. Namun bisa menanam palawija yang juga menguntungkan dari segi ekonomi.

Sementara itu, sejumlah kejruen blang dam imum mukim, dalam dialog tersebut mendesak pemerintah memperbaiki saluran irigasi, bukan melarang petani turun ke sawah. “Kami meminta pembagian air dari irigasi supaya diatur maksimal,” sebut Imum Mukim Glumpang Baro, M Yahya.

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN