Waduk Tiro Tetap Dibangun

Minggu, 17 Desember 2017 / 28 Rabiul Awal 1439 Belum ada komentar

sublogoSIGLI- Bupati Pidie, Sarjani Abdullah memastikan waduk Tiro diplot dana APBN 2012 Rp. 1,2 triliun tetap akan dibangun. Meskipun diketahui rencana ini ditentang masyarakat Gampong Blang Rikui dan Panton Bunot, kemukiman Blang Keudah , Kecamatan Tiro / truseb.

Kedua gampong ini adalah lokasi pusat pembangunan waduk. Direncanakan kedua gampong akan direlokasikan pada saat bendungan raksasa ini di bangun.

“Ya, waduk jadi di bangun. Ada tiga daerah di persiapkan untuk lokasi relokasi. Rencananya di Mampree, Lampoh Salak dan Paloh Dap. Namun semua itu tergantung mereka (warga blang keudah),” ujar Bupati Pidie, Sarjani Abdullah seusai panen bawang merah di Simpang Tiga, Senin (26/8)

Lokasi pasti dimana ditempatkan penduduk yang jadi korban relokasi di putuskan masyarakat itu sendiri. “ kita tawarkan tiga, tapi itu terserah dan keputusannya sama warga ,” ujar Sarjani.

Namun demikian , Sarjani mengaku tidak tahu persis berapa besar dana alokasi untuk kedua gampong itu.” Dana relokasi ditangani dari APBA dan diplot provinsi,” jawabnya.

Maka itu, ia berharap masyarakat korban relokasi ini bisa membantu pemerintah. Pada dasarnya semua kebutuhan di lokasi baru tetap di persiapkan seperti janji awal.” Kita menjadikan lokasi baru mereka dilengkapi fasilitas termasuk sarana ibadah,rumah,tanah seperti dimiliki warga di daerah sebelum di relokasi,” sebut Sarjani.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, masyarakat Desa Blang Rikui dan Panton Bunot, Kemukiman Blang Keudah, Kecamatan Tiro / Truseb, Pidie, menolak rencana pembangunan waduk raksasa yang menggunakan dana APBN sebesar Rp. 1,2 triliun di kawasan itu,sebab,masyarakat keberatan pindah dari desa kelahirannya tersebut.

Seperti diketahu, Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Pidie akan membangun waduk berskala besar di Tiro yang menggunakan dana mencapai Rp. 1,2 triliun dari dana APBN akibatnya masyarakat dari dua desa yakni Panton Bunot dan Desa Rikui yang ada di kemukiman Blang Keudah dan di relokasi (dipindah) pemerintah dan di bayar ganti rugi.

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN