Proyek Listrik Tenaga Air di Geumpang Rp. 1,5 M

Kamis, 14 Desember 2017 / 25 Rabiul Awal 1439 Belum ada komentar

sublogoSigli – Proyek pembangunan listrik tenaga air di Satuan Pemukinan (SP) Lima, Kecamatan Geumpang, Pidie, dilaporkan belum rampung dikerjakan. Proyek ramah lingkungan dengan pengembangan mikrohidro itu diplotkan anggaran sebesar Rp. 1,5 miliar.

“Dana tersebut dalam bentuk bantuan sosial (Bansos) dari Kementrian Koperasi dan UKM pada tahun ini. Pekerjaan proyek itu dikelola koperasi,” tukas Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasai dan Energi Sumber Daya Mineral, Drs. Mukhtar.

Kata Mukhtar, proyek pembangunan mikrohidro yang merupakan pembangkit listrik tenaga air, hingga kini banyak diminati pegiat koperasi dan pelaku UKM di sejumlah daerah. Mikrohidro tersebut biasanya berskala kecil dengan memanfaatkan tenaga air sebagia penggeraknya. “Sampai kini proyek tersebut telah selesai 80 persen. Artinya saat ini tinggal finishing saja. Yakni pemasangan mesin,” kata Mukhtar.

Ia menjelaskan, direncanakan listrik tenaga air yang dibangun di SP Lima Geumpang dialirkan untuk warga yang tinggal di kawasan transmigrasi. Saat ini, listrik tenga air itu mampu menampung 146 kepala keluarga (KK) di kawasan transmigrasi. Sementara jumlah transmigrasi di Geumpang, kata Mukhtar berjumlah 300KK. “Jadi sisanya 154 KK lagi belum tertampung jaringan listrik tenga air tersebut,” kata Mukhtar.

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN