Bupati Pidie Ujicoba Mesin Pemipil Jagung

Rabu, 20 September 2017 / 28 Dzulhijjah 1438 Belum ada komentar

Sigli – Bupati Pidie, Sarjani Abdullah, Senin (17/6) mencoba mesin pemimpil jagung sebelum dibawa ke Takengon guna mengikuti Pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) pada 26 Juni 2013 mendatang, Ujicoba mesin itu dilakukan di halaman pendopo Bupati Pidie, Senin (17/6) disaksikan M Nur Abdullah pencipta mesin pemimpin jagung tersebut dan dinas terkait.

Mesin pemimpil jagung ini adalah buah karya dari M Nur Abdullah, petani sekaligus ketua kelompok tani Harapan Jaya Desa Lam Ujong, Kemungkiman Cot Murong, Kecamatan Sakti Pidie. Ia menciptakan mesin ini pada tahun 2006 dari idenya. Bupati Pidie, Sarjani Abdullah menyatakan rasa kagumnya terhadap mesin hasil rakitan M Nur tersebut. Dalam hitungan menit bisa mengerjakan puluhan buah jagung.

Bahkan berulangkali  sang Bupati sempat ketagihan ingin mencoba terus merontokkan butiran jagung dari tungkainya itu. “Mudah sekali ya, tidak makan waktu lama, ini sebuah inovasi yang cukup membantu petani jagung,” kata Sarjani.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Pidie, Drs Zulfikar  Yacob MM kepada Serambi mengatakan mesin pemipil jagung ini merupakan satu-satunya andalan Pidie mengikuti TTG di Takengon. Direncanakan Pidie akan memamerkan beberapa mesin di TTG nanti. “Ada beberapa buah karya warga lainnya akan ditampilkan, seperti penumbuk emping melinjo jadi kerupuk mulieng dan lainnya,” ujar Zulfikar didampingi Kepala Bidang Pengembangan Teknologi Pedesaan BPM Pidie, M Yusuf S.Sos

. Bahkan ditargetkan tahun 2014 nanti BPM Pidie akan mendirikan Pos Layanan Teknologi (Posyantek) guna mengembangkan hasil usaha masyarakat.

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN