Blusukan Gaya Bupati Sarjani

Jumat, 15 Desember 2017 / 26 Rabiul Awal 1439 Belum ada komentar

Ketegasan, kedisiplinan dan keteladanan bagian dari jiwa seorang pemimpin , belasan tahun hidup di hutan belantara, sarjani mengaku sudah punya semua itu,. Meski masih dalam lingkup yang yang lebih terbatas, sifat sifat itu di butuhkan.  Jika tidak tegas misalnya , kata sarjani  akan muncul banyak masalah dan itu beresiko memunculkan konflik yang lebih besar. Sedangkan kedisiplinan dibutuhkan  untuk menjaga keteraturan  dan ketertiban. Saat itu nyawa taruhannya. Karena semua anak buah saya punya senjata, salah salah bisa ditembak. Kalau sekarang salah, paling paling saya masuk penjara, “ kata sarjani sambil tertawa.

Untuk memimpin pidie ternyata punya satu hal lagi, yakni keterbukaan, sarjani sadar bahwa pidie yang masyakatnya sangat kritis, butuh pemimpin yang terbuka, sarjani mengaku siap berdialog dan berdiskusi kapan saja, karena keterbukaan dalam melayani publik diyakininya sebuah kebutuhan. Di tempatnya tinggal di pendopo bupati pidie, sarjani menerima tamu tanpa batas waktu. Tak ada masyarakat yang ditolak terima. “ silakan datang, insya ALLAH saya terima. Tak ada yang ditolak, “ katanya.

Saat ini pihaknya sudah melaksanankan program safari jumat. Taknisnya, setiap hati jumat bupati dan jajarannya mengunjungi berbagai pelosok desa untuk mencari masukan dan menggali berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat. Shalat jumat dilakukan di lokasi yang dikunjungi . Jika Gubernur DKI Jakarta Jokowi terkenal dengan gara blusukan  ( dalam bahasa jawa berarti mengunjungi , menjelajah) ke kampung kampung, maka sarjani sebetulnya sudah jauh jauh hari melakukannya melalui program safari jumat “ saya akan mempertahankan program  ini . Memang tak setiap jumat ada. Tetapi, jika tidak ada agenda lain yang lebih penting , pasti kita laksanakan, “ kata sarjani.

Berbagai masukan pun di peroleh, mulai soal soal pembangunan hingga ururan pribadi. Diakui, bagitu banyak persoalan yang dihadapi masyarakat dan itu butuh jawaban segera. Itu sebab, program ini tak bisa diwakili oleh pejabat lain, dirinya harus selalu hadir. “Untuk putupat jeuneurob pageu pih dilapor bak Bupati, tapi hana masalah ( Untuk meluruskan pagar pun dilapor pada Bupati, tapi tak ada masalah), “ kata ketua DPW partai Aceh Wilayah Pidie ini.

Social Media Share!

    Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pidie - Provinsi Aceh
    Copyright © 2017 BAG.TELEKOMUNIKASIL&PDE SETDAKAB PIDIE. Jl.Prof. A.Madjid Ibrahim, Kota Sigli 24151.Fax 0653-21557. Email: setda@pidiekab.go.id
    TERWUJUDNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PIDIE YANG MULIA, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DAN MEMILIKI MASA DEPAN